Kanal

Indonesia Berpeluang untuk Loloskan Atlet Judo ke Olimpiade 2024

Penulis: Senja Hanan
27 Feb 2024, 12:32 WIB

Indonesia Berpeluang untuk Loloskan Atlet Judo ke Olimpiade 2024

Berita Olimpiade: Indonesia berpeluang untuk loloskan satu atlet lagi ke Olimpiade 2024 melalui Pejudo Maryam March Maharani. Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) PJSI, Regina Lefrandt Vega.

"Dia (Maria) dapat bronze untuk kelas 52 kilogram dalam turnamen di Polandia dari 24-25 Februari," kata Regina kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta, Senin.

Ia membeberkan, kemenangan itu akan semakin memperbesar peluang untuk tampil dalam olimpiade nanti. Lebih lanjut, perempuan yang kerap disapa Gina itu membeberkan, sebelum turnamen tersebut Maharani berada di urutan keenam ranking Asia.

Setelah kemenangan dalam kompetisi itu, tentu poin judoka andalan Indonesia itu akan bertambah, sehingga akan menaikkan peringkat di Asia. Sementara itu, tambah Gina, syarat seorang judoka untuk bisa tampil di olimpiade adalah menempati minimal peringkat 10 Asia.

Untuk judoka putra, I Gede Agas Darma Wardana, mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena belum bisa menyabet medali dalam turnamen yang sama.

"Saat ini Agas berada di peringkat 13 Asia kelas 100 kilogram lebih, sehingga kami akan kejar terus untuk menambah poin, agar bisa tampil di olimpiade," ujar dia.

Gina optimistis, peluang judoka putra itu masih terbuka lebar untuk mengejar minimal peringkat 10 Asia, karena masih ada waktu mengumpulkan poin sampai Juni nanti. Gina menambahkan, untuk bisa tampil di olimpiade, atlet di cabang olahraga judo sedikit berbeda dengan cabang olahraga lainnya, karena setiap atlet harus mengumpulkan poin melalui keikutsertaan dalam kompetisi yang masuk dalam kalender atau jadwal International Judo Federation (IJF).

Oleh karena itu, dua judoka andalan tersebut sedang fokus training camp (TC) di Eropa dan akan mengikuti sejumlah pertandingan yang digelar IJF, agar bisa tampil membawa nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Artikel Tag: Olimpiade 2024, PJSI

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru