Kanal

Hasil Australian Open: Novak Djokovic Tembus Gelar Kesepuluh Di Melbourne

Penulis: Dian Megane
29 Jan 2023, 20:33 WIB

Novak Djokovic berpose dengan gelar Australian Open kesepuluh

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic akhirnya mengklaim gelar Australian Open untuk kali kesepuluh dalam kariernya di Melbourne musim 2023.

Pencapaian tersebut petenis berkebangsaan Serbia torehkan usai mengatasi tantangan petenis berkebangsaan Yunani, Stefanos Tsitsipas dan menang dengan 6-3, 7-6, 7-6 di final Australian Open. Berkat kemenangan tersebut, ia pun menyamai rekor Rafael Nadal dengan koleksi 22 gelar Grand Slam.

Pencapaian tersebut memicu luapan emosi dari juara Wimbledon musim 2022, yang mendaki kotak penonton untuk berbagi momen yang dihiasi linangan air mata bersama timnya, sementara perayaan pun pecah di antara lautan bendera Serbia yang memenuhi Melbourne Park’s Graden Square.

"Ini adalah salah satu turnamen paling menantang yang pernah saya lakoni dalam hidup saya,” aku Djokovic yang tidak bisa berkompetisi di Australian Open musim 2022 dan tiba di Melbourne musim 2023 dengan menghadapi cedera otot hamstring.

“Tidak bermain musim lalu, datang kembali musim ini. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah membuat saya disambut. Ada alasan mengapa saya memainkan permainan terbaik saya di lapangan ini, di hadapan sang legendaris, Rod Laver.”

“Ini perjalanan yang panjang. Semua tim dan keluarga saya mengetahui apa yang telah kami lalui dalam empat atau lima musim terakhir, dan ini mungkin kemenangan terbesar dalam hidup saya.”

Berkat kemenangan tersebut, petenis berusia 35 tahun juga kembali bertengger di peringkat 1 dunia untuk kali pertama sejak Juni lalu. Ia akan menggantikan Carlos Alcaraz setelah mengklaim kemenangan kesepuluh secara beruntun atas Tsitsipas.

Untuk kali kedua mereka bertemu di final Grand Slam. Di final French Open musim 2021, petenis berkebangsaan Serbia bangkit usai kecolongan dua set pertama sebelum melumpuhkan Tsitsipas demi mengklaim kemenangan. Kembali berjumpa di final Grand Slam, kali ini petenis berkebangsaan Serbia tidak memberikan banyak peluang kepada petenis berkebangsaan Yunani di Melbourne.

Meskipun banyak rintangan menuju partai puncak, Djokovic dengan percaya diri merebut kontrol awal pertandingan di Rod Laver Arena. Meskipun petenis unggulan ketiga, Tsitsipas menaikkan level permainan di set kedua dan ketiga, petenis unggulan keempat tampil klinikal di momen-momen penting demi menyegel kemenangan setelah 2 jam 56 menit dan mencatatkan 10-0 di final Australian Open.

Meskpun kembali gagal memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya, Tsitsipas akan kembali ke peringkat 3 dunia setelah melenggang ke final Australian Open untuk kali pertama.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic, Stefanos Tsitsipas

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru