Kanal

Hasil Australian Open: Elise Mertens Tampil Perkasa Demi Babak Keempat

Penulis: Dian Megane
22 Jan 2022, 14:22 WIB

Elise Mertens

Berita Tenis: Sejak melenggang ke semifinal Australian Open musim 2018, petenis berkebangsaan Belgia, Elise Mertens belum pernah kalah sebelum babak ketiga Grand Slam.

Selain itu, petenis unggulan ke-19 juga melaju ke babak keempat Grand Slam atau lebih baik daripada itu sebanyak delapan kali. Ia memperpanjang daftar tersebut menjadi sembilan berkat kemenangan meyakinkan 6-2, 6-2 atas petenis berkebangsaan Cina, Zhang Shuai.

Petenis berkebangsaan Belgia hanya membutuhkan waktu 70 menit untuk melumpuhkan petenis peringkat 74 dunia, Zhang, termasuk mematahkan servisnya sebanyak lima kali.

“Menang selalu menjadi hal yang positif. Lebih daripada itu, saya merasa senang dengan performa saya. Saya pikir saya servis dengan cukup baik dan itu yang membuat service game saya sedikit lebih mudah,” seru Mertens.

“Saya pikir hari ini (22/1) sangat panas dan bolanya sedikit terbang. Jadi, saya pikir saya mengontrolnya dengan cukup baik. Ia mungkin membuat sedikit lebih banyak kesalahan daripada biasanya, tetapi saya pikir secara keseluruhan, itu pertandingan yang konsisten bagi saya.”

Dengan kemenangan tersebut, petenis berusia 26 tahun semakin unggul dalam head to head melawan petenis berusia 33 tahun, Zhang dengan 3-1.

Selain itu, Mertens membukukan laga babak keempat Australian Open melawan petenis unggulan ke-27, Danielle Rose Collins. Dari dua pertemuan mereka sebelumnya, kedua petenis masing-masing mengklaim satu kemenangan, tetapi petenis unggulan ke-27 yang memenangkan pertemuan terakhir mereka dengan dua set langsung di babak ketiga turnamen WTA level 500 yang digelar di Chicago musim lalu.

Berbanding terbalik dengan Mertens, semifinalis Australian Open musim 2019, Rose Collins menghabiskan waktu 2 jam 35 menit pada hari yang cukup panas di Rod Laver Arena demi menumbangkan petenis berkebangsaan Denmark, Clara Tauson dengan 4-6, 6-4, 7-5.

Petenis AS bangkit setelah kecolongan satu set dan tertinggal 2-4 di set kedua demi merebut satu tempat di babak keempat Grand Slam untuk kali ketiga dalam kariernya. Selain melaju ke semifinal Australian Open musim 2019, ia juga lolos ke perempatfinal French Open musim 2020.

Kedua petenis memenangkan dua gelar pertama mereka pada musim lalu dan performa mereka di pertandingan kali ini menjadi bukti setelah mereka bermain dengan penuh kekuatan. Petenis AS menyelesaikan pertandingan dengan menghasilkan 33 winner dan 33 unforced error, sementara petenis berusia 19 tahun, Tauson melesatkan 25 winner dan melakukan 33 unforced error.

Kini Rose Collins unggul 2-0 dalam head to head melawan Tauson setelah ia juga mengalahkan petenis berkebangsaan Denmark di babak kedua French Open musim 2020.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Elise Mertens, Zhang Shuai, Danielle Rose Collins, Clara Tauson

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru