Kanal

Fabio Quartararo Terancam Diskualifikasi, Marc Marquez Beri Pembelaan

Penulis: Abdi Ardiansyah
07 Jun 2021, 19:50 WIB

Marc Marquez

Berita MotoGP: Rider Tim Respol Honda, Marc Marquez, memberikan pembelaannya kepada Fabio Quartararo yang terancam didiskualifikasi usai membuka jaket dan membuang pelindung dadanya di tengah balapan MotoGP Catalunya.

Fabio Quartarato membuat heboh balapan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Barcelona de Catalunya lantaran diketahui membuka resleting jaket dan melindung pelindung dada ditambah ia juga melakukan pelanggaran dengan memotong tikungan 1 dan 2 sehingga ia dijatuhi hukuman enam detik penalti.

Namun hukuman yang paling disoroti adalah alat kelengkapan keamanan Fabio Quartararo yang tidak digunakan dengan benar. Hal ini lantas membuat banyak usulan yang menyatakan bahwa Quartararo harusnya mendapatkan black flag atau didiskualifikasi dari balapan karena bisa membahayakan diri sendiri.

Quartararo lalu berusaha menjelaskan situasi yang terjadi bahwa pelindung dada miliknya terlepas dan jaket juga tidak dapat terpasang lagi. Hal ini yang menyebabkannya terus melaju dengan kecepatan penuh demi menyelesaikan balapan yang kala itu hanya menyisakan tiga lap.

Soal hukuman, rider berjuluk El Diablo tersebut mengatakan sudah menjalani sanksi 6 detik. Hukuman itu membuatnya turun tiga setrip dari posisi awal yang seharusnya mendapatkan podium ketiga.

Ia pun berusaha memahami dan meminta masalah seperti ini tidak perlu diperpanjang apalagi ditambah usulan diskualifikasi.  Pasalnya Quartararo mengklaim tidak membahayakan siapapun atau dirinya sendiri hingga balapan usai.

Meskipun banyak yang menganggap Quartararo layak dihukum lebih lanjut, namun lain halnya dengan Marc Marquez yang justru memberikan pembelaan. Ia pun tak setuju dengan usulan hukuman diskualifikasi dan berharap tak usah diperpanjang lagi.

Kendati Marquez menegaskan bahwa ia tak membenarkan tindakan Quartararo, dia yakin hukuman yang diberikan sudah adil.

"Kami sudah mendiskusikan dengan tim apa yang terjadi. Beberapa mengatakan ya dan selebihnya tidak. Itu akan diputuskan Komisi Keselamatan," ujar Maquez dikutip dari Marca.

"Sangat tak adil jika Anda memberikan bendera itu (black flag), tapi memang itu adalah hal yang berbahaya untuk dilakukan. Itu seperti Anda memiliki benda yang menempel di motor Anda dan bendera kemudian dikeluarkan."

"Dan Anda harus berhenti atau memperbaikinya. Menurut pendapat saya, mereka harusnya melakukan itu. Memberikan bendera apakah dia kehilangan tiga detik, atau menepi, atau tidak bisa melanjutkan, keputusan harus dibuat."

"Ini situasi yang tidak biasa, tidak pernah terjadi sebelumnya. Saya kira ini tidak akan terjadi lagi karena mereka akan memastikannya. Bendera lain mungkin bisa, tapi black flag tidak adil dan tidak diperlukan," pungkasnya.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, Marc Marquez, motogp catalunya

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru