Kanal

Alpine Diyakini Akan Menyesal Jika Depak Fernando Alonso

Penulis: Abdi Ardiansyah
07 Jul 2022, 03:30 WIB

Fernando Alonso

Berita F1: Fernando Alonso terus menunjukkan performa yang mengagumkan sepanjang F1 2022, namun Alpine juga harus mempertimbangkan rencana mempromosikan Oscar Piastri.

Fernando Alonso terus membuktikan bahwa kinerjanya masih menjanjikan meski sudah tak lagi muda. Ia mampu tampil kompetitif sejak comeback pada musim 2021 lalu. Menurut dua eks pebalap jet darat, Karun Chandhok dan Damon Hill, akan menjadi keputusan buruk bila Alpine melepaskan pria asal Spanyol itu.

“Anda tidak bisa membuang Fernando (Alonso) karena dia tampil sangat baik saat ini. Anda gila jika ingin menyingkirkannya sekarang. Lihat beberapa balapan terakhir, dia benar-benar berhasil, kan? Dia akan berusia 41 tahun, tetapi memiliki energi seperti masih 21 tahun. Sangat mengesankan,” ujar Chandhok dilansir dari Motorsport.com.

“Sungguh disayangkan bagi Oscar (Piastri), tetapi saya tidak melihat alasan mengapa Alpine tak akan lanjut dengan Fernando. Jika Anda pemilik tim, Anda melihat Fernando bukan pebalap yang berada di bawah tekanan,” ia melanjutkan.

Di sisi lain, Oscar Piastri berkembang pesat sejak masih di kategori junior. Dalam tiga musim terakhir, pemuda asal Australia tersebut sukses memenangi Formula Renault Eurocup, F3 dan F2. Sekarang, ia mendapat kepercayaan untuk menjadi pebalap cadangan Alpine.   

Tetapi karena Esteban Ocon mendapat perpanjangan kontrak, tak ada tempat yang tersedia untuk Piastri saat ini. Selain itu masa depan Fernando Alonso, yang masa baktinya di Alpine akan selesai di penghujung 2022, masih bagus.

Setelah hanya merebut dua poin dalam enam balapan pertama F1 2022, pria berusia 40 tahun itu selalu menembus 10 besar pada empat Grand Prix terakhir. Pada perlombaan terakhir, GP Inggris, ia bahkan sukses finis P5 lewat penampilan yang spektakuler.

Sementara itu Damon Hill juga menilai Alpine tidak bisa mengabaikan Alonso begitu saja untuk saat ini. Masih banyak yang bisa diberikan oleh eks driver McLaran itu. Selain itu ia dinilai masih memiliki motivasi tinggi. 

“Fernando, dia masih sangat kuat. Dia belum selesai dan dia bekerja keras untuk olahraga ini. Dia memberi sesuatu. Dia tetap mampu bertarung jadi juara jika mendapatkan mobil yang bagus, meskipun berusia 41 tahun,” Hill mengungkapkan.

“Tetapi apakah dia akan mendapatkannya? Jika tidak, dia hanya mendapat beberapa tahun lagi. Namun, antusiasmenya masih kuat. Luar biasa. Oscar Piastri sudah siap. Pertanyaannya, apakah Anda berani mengeluarkan Fernando untuk memasukkan seseorang yang belum punya pengalaman? Saya tidak akan melakukan itu,” pungkasnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru