Kanal

AFF Tunda Empat Kejuaraan, Dua Di Antaranya akan Berlangsung di Indonesia

Penulis: Dayat Huri
26 Mar 2020, 18:45 WIB

Trofi Piala AFF U-16/foto net

Berita Sepak Bola Nasional: Federasi sepak bola Asean (AFF) resmi menunda empat kejuaran yang rencananya akan dilaksanakan pada 2020. Di dalamnya termasuknya Piala AFF U-16 dan AFF U-19 yang sedianya akan digelar di Indonesia.

Rencananya Piala AFF U-16 akan dilangsungkan pada Juli mendatang. Sedangkan untuk Piala AFF U-19 2020 sendiri akan dilaksanakan sebulan setelah Piala AFF U-16 selesai.

"Ini adalah saat yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, termasuk komunitas sepak bola kami. Kami akan berusaha melewatinya bersama," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, seperti dilansir dari laman resmi AFF.

Menurutnya, kegiatan kerumunan massa seperti sepak bola memiliki resiko besar saat mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Maka dari itu, AFF lebih memilih untuk menunda kompetisi tersebut.

"Kami membuat keputusan menunda dan bila perlu membatalkan turnamen untuk meminimalisasi kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," ujar Khiev Sameth.

Tidak hanya dua kompetisi itu saja yang mengalami penundaan. Piala AFF Putri dan Piala AFF U-18 Putri yang berlangsung di Vietnam dan Indonesia pun mengalami penundaan.

Sementara untuk gelaran Piala AFF 2020 diperkirakan masih sesuai jadwal, yaitu pada November 2020.

"Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tiga ragu melakukan perubahan jadwal bila diperlukan. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," pungkasnya.

Wabah Covid-19 yang semakin meluar memang membuat sejumlah turnamen besar harus mengalami penundaan. Di antara yang sudah dipastikan ditunda adalah Piala Eropa 2020 yang pelaksanaannya diundur hingga 2021. Tidak hanya itu, sejumlah negara juga sudah memutuskan untuk menunda kompetisi sepak bolanya.

Artikel Tag: berita sepak bola nasiona, AFF, Piala AFF

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru