Kanal

Aaron Chia Ragu Bisa Tampil di India Open Bulan Depan

Penulis: Yusuf Efendi
08 Apr 2021, 21:30 WIB

Aaron Chia-Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Aaron Chia telah menyatakan keprihatinannya tentang bermain di India Open bulan depan, tetapi tanda-tanda mengarah ke turnamen yang dibatalkan menyusul lonjakan kasus Covid-19 di negara itu.

Pada hari Senin, India menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang mencatat lebih dari 100.000 kasus Covid-19 baru dalam satu hari, dengan total 103.558 infeksi baru dilaporkan. Pada hari Selasa, 115.736 kasus baru lainnya dilaporkan, sehingga penghitungan menjadi 12,8 juta hingga saat ini.

Menanggapi tren yang mengkhawatirkan, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) dengan cepat memerintahkan semua acara domestik pada bulan April dan Mei untuk ditunda tanpa batas waktu, menurut Times of India.

Namun, BAI tidak menyebutkan status India Open senilai US $ 400.000 (RM1.65 juta) atau berkisar 6 miliar rupiah yang merupakan turnamen kualifikasi Olimpiade yang dijadwalkan 11-16 Mei di New Delhi.

Batas waktu masuk untuk pendaftaran turnamen ditutup pada hari Selasa dan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah mengindikasikan sebelumnya bahwa mereka akan memasuki skuad yang kuat yang meliputi Lee Zii Jia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik serta Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Zii Jia telah ditugaskan untuk meningkatkan posisinya di klasemen Race to Tokyo dalam rangka mengamankan unggulan yang lebih baik di Olimpiade, sementara Aaron Chia /Wooi Yik dan Mei Kuan/Meng Yean akan berusaha untuk menempatkan tempat mereka di Olimpiade Tokyo tanpa keraguan.

Saat ini berada di peringkat kesembilan dalam peringkat Olimpiade, Aaron-Wooi Yik perlu menangkis kemungkinan tantangan terlambat dari rekan senegaranya, Goh V Shem/Tan Wee Kiong (14) dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (15) dengan hanya tiga kualifikasi tersisa termasuk Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni).

Suatu negara hanya dapat memenuhi syarat mengirim dua pasang asalkan keduanya berada di peringkat delapan besar.

Sedangkan untuk Mei Kuan/Meng Yean, mereka sekarang duduk di urutan ke-10 tetapi harus berusaha untuk tetap berada di posisi 13 teratas dalam Perlombaan ke Tokyo karena tiga tempat terakhir disediakan untuk pasangan dari benua Pan-Amerika, Oseania, dan Afrika.

Aaron Chia mengatakan dia dan rekan satu timnya hanya perlu mengambil pendekatan "menunggu dan melihat" untuk saat ini.

“Memang mengkhawatirkan tapi untuk saat ini kami diminta mempersiapkan diri untuk turnamen. Turnamen masih sekitar satu bulan lagi, jadi kami akan melihat bagaimana semuanya berjalan dengan baik," kata Aaron, yang melewatkan All England bulan lalu.

“Yang pasti kami akan senang bermain di India Open, tapi melihat jumlah (kasus) meningkat setiap hari membuat kami merasa ragu-ragu."

“Setiap kualifikasi Olimpiade yang tersisa penting bagi kami karena Perlombaan ke Tokyo belum berakhir sampai selesai. Kami tahu kami berada dalam posisi yang kuat untuk lolos, tetapi kami tidak akan merasa aman sampai kami mengamankan keunggulan yang tidak dapat disangkal," tambahnya.

Artikel Tag: Aaron Chia, Soh Wooi Yik, India Open 2021, BWF

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru