Kanal

Wout Weghorst Jadi Pahlawan, Belanda Tumbangkan Polandia 2-1

Penulis: Depe Ptr
17 Jun 2024, 06:36 WIB

Wout Weghorst via gettyimages

Berita Euro 2024: Pemain pengganti Wout Weghorst menjadi pahlawan Belanda setelah mencetak gol penentu kemenangan dua menit setelah masuk ke lapangan.

Belanda memulai perjalanan mereka di Piala Eropa 2024 dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Polandia di Volksparkstadion Hamburg pada hari Minggu (16/06).

Pertandingan ini diawali dengan insiden tragis beberapa jam sebelum kick-off, ketika seorang pria ditembak oleh polisi di dekat tempat berkumpulnya para penggemar di kota tersebut. Meskipun demikian, pertandingan tetap dilanjutkan dan menyajikan pertemuan yang menghibur bagi para penonton.

Polandia, yang bermain tanpa pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka, Robert Lewandowski, yang absen karena cedera paha, memberikan kejutan sejak awal. Adam Buksa membawa Polandia unggul terlebih dahulu dengan sundulan yang tidak mampu dihentikan oleh kiper Belanda. Gol ini membuat Polandia berada di atas angin.

Namun, Belanda segera mengambil alih kendali permainan. Mereka mendominasi penguasaan bola dan menciptakan sejumlah peluang emas. Penyerang Liverpool, Cody Gakpo, akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah tembakannya yang mengenai bek lawan membantu bola melewati kiper Wojciech Szczesny.

Belanda terus menekan dan hampir mencetak gol kedua sebelum jeda babak pertama. Nathan Ake memberikan umpan tarik kepada Gakpo, namun tembakan dari jarak dekat tersebut melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua, Belanda tetap mendominasi pertandingan. Szczesny kembali menjadi penghalang dengan menggagalkan beberapa tembakan berbahaya dari pemain Belanda, termasuk tendangan Denzel Dumfries. Xavi Simons juga nyaris mencetak gol setelah menerima umpan dari Gakpo, namun tendangannya masih melebar.

Ketika pertandingan tampaknya akan berakhir imbang, pelatih Ronald Koeman memasukkan striker Burnley, Wout Weghorst pada menit ke-81. Hanya dua menit setelah masuk, Weghorst langsung menunjukkan ketajamannya dengan mencetak gol kemenangan dari jarak dekat.

Kemenangan ini sangat penting bagi Belanda mengingat lawan mereka berikutnya adalah Prancis, salah satu tim favorit di Euro 2024. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada hari Jumat (21/06). Sementara itu, Polandia akan berusaha bangkit saat menghadapi Austria di hari yang sama.

Artikel Tag: Wout Weghorst, Belanda, Polandia

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru