Kanal

Usai GP Italia, Nasib Antonio Giovinazzi Bersama Alfa Romeo Masih Tak Jelas

Penulis: Abdi Ardiansyah
16 Sep 2021, 23:20 WIB

Antonio Giovinazzi

Berita F1: Setelah tampil buruk di Monza, kursi Antonio Giovinazzi di Alfa Romeo nampaknya kian terancam ditambah dengan kemunculan kandidat lain yang mengincar posisinya.

Beberapa pebalap kini dikabarkan tengah mengincar posisi Antonio Giovinazzi di Alfa Romeo. Pebalap asal Italia itu pun sadar betul nasibnya bersama tim yang dibelanya itu sedang terancam. Hingga kini mereka pun belum mengumumkan pebalap keduanya untuk F1 2022.

Tahun ini Giovinazzi tengah menjalani musim ketiganya di kelas utama bersama Alfa Romeo. Runner-up GP2 (kini F2) 2016 itu juga meragukan masa depannya bersama tim tersebut

Hal tersebut tentunya tidak aneh sebab mereka adalah satu-satunya tim yang masih memiliki slot untuk musim depan. Oleh sebab itulah banyak pebalap yang memperebutkannya.

Usai Williams menunjuk Alex Albon untuk menggantikan George Russell, Mercedes ingin mendorong juara dunia Formula E, Nyck de Vries. Sementara itu, Alpine berencana untuk mempromosikan Guanyu Zhou dan Theo Pourchaire. Ketiganya tentu saja menargetkan kursi di Alfa Romeo.

Ini artinya Antonio Giovinazzi harus berjuang keras untuk bertahan bersama tim asal Swiss tersebut. Pebalap berusia 27 tahun itu sejatinya telah mendapatkan dukungan dari Ferrari dalam beberapa waktu dan berhak menempati kursi di Alfa Romeo.

Tetapi kebijakan itu sudah tak berlaku dan sang prinsipal tim, Frederic Vasseur, telah menjelaskan bahwa kini hanya dirinya yang berhak menentukan susunan pebalap untuk musim depan tanpa intervensi dari luar.

Giovinazzi juga mengaku belum mendengar apapun soal posisi pebalap kedua Alfa Romeo untuk musim depan dari bosnya itu

"Tidak, saya belum mendapat kabar. Saya cuma diberitahu bahwa Valtteri (Bottas) akan datang ke Alfa, namun saya belum mendengar apa-apa tentang (nasib) saya," kata Giovinazzi dikutip dari Motorsport.com.

Pada balapan seri GP Italia pekan lalu, Giovinazzi gagal finis di zona poin setelah hanya menempati posisi ke-13, satu tingkat di atas tandeman sementaranya, Robert Kubica. Hasil tersebut tentu saja membuat nasibnya di ajang F1 makin tidak jelas.

"Cerita yang sama untuk saya (setiap) bulan September. Dalam tiga tahun terakhir, ada rumor tentang kursi saya pada September. Pokoknya, saya tidak ingin terlalu memikirkannya karena hanya akan menghabiskan energi," tutur Giovinazzi.

"Yang terpenting, saya ingin berjuang dan ingin memaksimalkan penampilan saya sendiri. Baru kemudian melihat apa yang akan diputuskan orang lain (Vasseur),” imbuhnya.

"Tentunya saya ingin tahu di mana masa depan saya berada sesegera mungkin, namun saya harus menerima bahwa itu bukan keputusan saya dan saya tahu banyak rumor beredar. Itu sebabnya saya lebih suka fokus pada kinerja pribadi,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Antonio Giovinazzi, Alfa Romeo, F1 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru