Kanal

Tak Ada Perwakilan India di BWF World Tour Finals 2023

Penulis: Yusuf Efendi
04 Des 2023, 22:00 WIB

Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty/[Foto:Times of India]

Berita Badminton : Para peserta BWF World Tour Finals 2023 baru-baru ini diumumkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia. Anehnya, para pebulutangkis India tidak berhasil lolos ke turnamen yang menguntungkan ini, yang juga merupakan ajang akhir tahun.

Keikutsertaan India yang terakhir kali terlewatkan adalah pada edisi 2010 saat turnamen tersebut bertajuk BWF Super Series Finals. Sejak itu, peraih medali Olimpiade Saina Nehwal, PV Sindhu, atau mantan peringkat 1 Dunia Kidambi Srikanth telah mewakili India di Seri Super BWF atau Final Tur Dunia BWF yang direstrukturisasi (sejak 2018).

Peraih medali Olimpiade dua kali Sindhu, yang saat ini sedang menjalani rehabilitasi dari cederanya, mengalami musim yang buruk tahun ini. Ketidakkonsistenannya dan tersingkirnya putaran pertama membuat mantan pemain peringkat 2 dunia itu keluar dari peringkat 10 besar pada bulan April tahun ini.

Pebulutangkis putra peringkat teratas India HS Prannoy saat ini berada di peringkat kedelapan dalam peringkat BWF dan ke-12 dalam peringkat BWF World Tour. Ia memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis di Denmark.

Kabar paling mengejutkan bagi suporter India adalah bintang ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty gagal memenuhi standar masuk turnamen akhir musim.

Meskipun mengantongi tiga gelar BWF dan naik ke peringkat terbaik dalam kariernya, yakni peringkat 1 Dunia, keduanya tidak akan terlihat beraksi di Hangzhou bulan ini. Pada periode cut-off yaitu 21 November, Satwik dan Chirag menempati peringkat ke-13 dengan mengumpulkan 69.240 poin, meski saat itu mereka berada di peringkat kelima dunia.

Kriteria untuk lolos mempertimbangkan 14 turnamen terbaik dan karenanya pasangan peringkat 2 Dunia saat ini gagal karena mereka tersingkir di babak pertama sebanyak empat kali dan jumlah yang sama di babak kedua.

Siapa saja pemain yang lolos ke BWF World Tour Finals 2023?

BWF World Tour Finals adalah turnamen bergengsi bagi seluruh pebulutangkis peringkat teratas dunia dalam lima kategori berbeda - tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Kriteria kualifikasi acara ekstravaganza ini didasarkan pada poin peringkat yang tersedia di berbagai level seperti acara Super 1000, Super 750, dan Super 500.

Tujuh pebulutangkis teratas dari masing-masing kategori bersama dengan pemenang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis terbaru di masing-masing ajang akan melaju ke BWF World Tour Finals. BWF China Masters 2023 adalah ajang kualifikasi terakhir untuk akhir tahun.

Artikel Tag: BWF, India, BWF World Tour Finals 2023, Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru