Kanal

Sirkuit Catalunya dan Bahrain Jadi Tuan Rumah Tes Pramusim F1 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
29 Jan 2022, 01:05 WIB

Sirkuit Catalunya Saat Jadi Tuan Rumah GP Spanyol 2021

Berita F1: Penyelenggara Formula 1 resmi menunjuk Sirkuit Catalunya (23-25 Februari) dan Sirkuit Bahrain (10-12 Maret) sebagai tempat pelaksanaan tes pramusim F1 2022.

Otoritas Formula 1 akhirnya resmi menetapkan tanggal pelaksanaan dua sesi tes pramusim F1 2022, yang masing-masing akan berlangsung selama tiga hari. Pengujian yang berlangsung di Sirkuit Catalunya dan Bahrain tersebut akan memiliki agenda masing-masing dan bakal menjadi momen krusial bagi semua tim kelas utama.

Pada 23-25 Februari, tim-tim Formula 1 akan menjalani tes pramusim resmi di Circuit de Barcelona-Catalunya dengan agenda menjajal mobil dengan regulasi baru untuk pertama kalinya. Praktis, tes disana akan dimanfaatkan oleh seluruh tim untuk mulai memeriksa apakah ada yang salah dengan mobil baru mereka, serta sesuai atau tidaknya spesifikasi serta komponen mobil dengan regulasi baru yang diterapkan.

Seperti tes pada umumnya, seluruh mobil nantinya akan melibas Sirkuit Catalunya dengan race-style (tentu saja masih simulasi balap) dengan mencatatkan waktu lap. Selain itu, waktu lap terbaik masing-masing pebalap juga akan disuguhkan setiap harinya.

Namun begitu, tidak akan ada siaran langsung di televisi. Laman resmi Formula 1 juga tak akan menyuguhkan waktu lap secara langsung seperti saat balapan.

Pada 10-12 Maret, tim-tim akan melakukan tes pramusim kedua atau terakhir di Sirkuit Bahrain. Karena balapan pembuka F1 2022 akan digelar disana pada 18-20 Maret mendatang, praktis stasiun televisi yang terikat kontrak dengan Formula One Group (FOG) telah melakukan instalasi di sirkuit tersebut.

Itulah sebabnya tes pramusim kedua ini dapat disaksikan langsung oleh para penggemar lewat siaran televisi berbayar. Otoritas di Bahrain pun mendapat hak siar ini karena sudah menjadi bagian dari kontrak atas investasi yang mereka tanamkan untuk tes tersebut.

F1 juga bakal menawarkan tayangan langsung lewat siaran berlangganan melalui stasiun-stasiun televisi yang sudah membayar hak untuk meliput tes pramusim di Bahrain.

Yang pasti, baik tes pramusim maupun perlombaan F1 sesungguhnya mulai 18 Maret nanti akan berlangsung menarik karena semua tim bakal turun dengan mobil yang disesuiakan dengan regulasi baru, di antaranya downforce yang lebih besar, sayap depan-belakang baru untuk mengurangi efek udara kotor, dan ban 18 inci.

Artikel Tag: F1 2022, sirkuit bahrain, Sirkuit Catalunya

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru