Kanal

Shin Tae-yong Nilai Liga Jadi Kunci untuk Perkembangan Timnas Indonesia

Penulis: Dayat Huri
06 Des 2022, 09:30 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Berita Timnas Indonesia: Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyambut positif atas kembali digulirkannya kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2022 sejak Senin (5/12) sore. Menurut dia, kompetisi domestik yang sehat jadi kunci untuk membuat tim nasional yang tangguh.

Kompetisi sepak bola tanah air sendiri memang sempat terhenti selama lebih dua bulan pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 penonton. Karena alasan itu juga, lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 digelar secara terpusat dan tanpa kehadiran penonton.

"Liga memang harus bergulir agar pemain bisa meningkatkan performa. Ketika liga berkembang, maka berkembanglah timnasnya," kata Shin Tae-yong seperti dikutip Antaradari laman Youtube resmi PSSI.

Dikatakan pelatih asal Korsel itu, penghentian kompetisi sejak awal Oktober 2022 lalu memberikan pengaruh signifikan terhadap fisik pemain. Hal itu dilihatnya dari kebugara para pemain yang ia panggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi Piala Aff 2022.

"Liga yang berhenti membuat fisik pemain anjlok. Jadi saya mestu membuat latihan lemak itu berkurang dan masa otot bertambah. Pemain menjalani latihan beban di pusat kebugaran dan lebih banyak berlari di lapangan. Hasilnya sudah membaik sedikit demi sedikit," terangnya.

Shin Tae-yong memang tengah fokus mempersiapkan skuat Garuda untuk mengahdapi gelaran Piala AFF 2022 yang akan berlangsung mulai 20 Desember 2022 sampai dengan 16 Januari 2023 nanti.

Untuk memastikan persiapan maksimal, dia memanggil sebanyak 28 pemain terbaik tanah air. Para pemain yang dipanggilnya itu tidak akan ikut ambil bagian untuk memperkuat timnya sampai dengan berakhirnya putaran pertama Liga 1 musim 2022/2023 yang dijadwalkan tuntas pada akhir Desember 2022 ini.

Artikel Tag: Shin Tae-Yong, timnas Indonesia, Liga 1, Piala AFF

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru