Kanal

Shi Yuqi Resmi Naik Tahta ke Peringkat 1 Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
12 Jun 2024, 16:15 WIB

Shi Yuqi/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis peringkat dunia untuk minggu ke-24 tahun 2024 pada Selasa (11/6), dengan Shi Yuqi dari China menduduki peringkat No.1 Dunia di tunggal putra.

Ini adalah pertama kalinya Shi Yuqi menduduki peringkat teratas dalam karirnya, yang juga mengamankan posisi unggulan teratas tunggal putra di Olimpiade Paris 2024.

Prestasi ini sekaligus menandai kembalinya tunggal putra China ke posisi No. 1 Dunia setelah 8 tahun.

Pada peringkat dunia minggu ini, Yuqi mengungguli bintang Denmark Viktor Axelsen dengan 102.415 poin untuk menjadi pemain tunggal putra nomor satu dunia.

Pemain tunggal putra Tiongkok terakhir yang menduduki peringkat 1 Dunia adalah Chen Long, yang kemudian disusul oleh legenda bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei pada tahun 2016.

Musim ini, Yuqi tampil luar biasa, memenangkan kejuaraan di India Open, French Open dan Singapore Open. Baru pekan lalu, Shi juga menjadi juara Indonesia Open. Shi memiliki rekor 35 kemenangan dan 3 kekalahan dalam delapan kompetisi internasional yang diikutinya pada tahun 2024.

Shi Yuqi mengatakan kepada media Tiongkok bahwa menjadi peringkat 1 dunia adalah sebuah pencapaian kecil, dan yang lebih penting adalah Olimpiade Paris yang akan datang. Ia bertujuan untuk tetap fokus pada kompetisi untuk mengejar mimpinya menjadi juara Olimpiade.

Dengan Yuqi mencapai puncak, juara Olimpiade Tokyo Viktor Axelsen mengakhiri rekornya selama 132 minggu berturut-turut sebagai pemain nomor satu dunia.

Dengan tinggal sebulan lagi menuju pembukaan Olimpiade Paris, baik Axelsen maupun Jonatan Christie dari Indonesia, yang saat ini berada di peringkat ketiga dunia, adalah lawan yang tangguh.

Shi Yuqi mengaku semua orang bermimpi meraih emas Olimpiade, tak terkecuali dirinya.

“Selain menjadi peringkat 1 dunia, saya tetap ingin fokus melakukan yang terbaik,” kata Shi.

Pada tahun 2014, Shi Yuqi yang berusia 18 tahun memenangkan medali emas Olimpiade Remaja Nanjing, dan peringkat dunia BWF-nya pernah mencapai No. 2.

Namun, setelah tahun 2018, penampilannya berfluktuasi karena cedera dan kontroversi skorsing.

Shi Yuqi kembali pada tahun 2022 dan terus meningkat, memenangkan banyak kejuaraan tahun ini dan memimpin tim putra China meraih kemenangan sebagai kapten di Piala Thomas, mencapai rekor sempurna 6-0.

Selain tunggal putra, tim China juga menempati peringkat 1 Dunia di ganda putra (Liang Weikeng/Wang Chang), ganda putri (Chen Qingchen/Jia Yifan), dan ganda campuran (Zheng Siwei/Huang Yaqiong).

Di tunggal putri, juara Olimpiade Tokyo Chen Yufei menempati peringkat kedua dunia, sementara bintang baru Korea Selatan An Se-Young memegang posisi teratas.

Artikel Tag: Shi Yuqi, viktor axelsen, BWF Ranking

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru