Kanal

Rexy Mainaky Yakin Man Wei Chong/Tee Kai Wun Bisa Jadi Pemain Top Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
11 Jun 2024, 15:30 WIB

Man Wei Chong-Tee Kai Wun/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pasangan ganda putra Man Wei Chong / Tee Kai Wun berpotensi menjadi pasangan kelas dunia namun harus lebih konsisten.

Demikian penilaian Direktur Pelatih Nasional asal Indonesia, Rexy Mainaky usai melihat anak asuhnya finis sebagai runner-up Indonesia Open pekan lalu.

Peringkat 20 Dunia Wei Chong/Kai Wun diperkirakan tidak akan melaju jauh di turnamen ini terutama setelah mereka diadu melawan juara dunia Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di babak pembukaan.

Mereka tidak hanya berhasil mengalahkan Korea Selatan namun melaju ke final sebelum kalah 21-19, 16-21, 12-21 dari pasangan peringkat 2 dunia asal Tiongkok, Liang Weikeng/Wang Chang.

Meski kehilangan gelar, pasangan ini, yang mencapai final pertama mereka di kompetisi World Tour Super 1000, menemukan kembali performa terbaik mereka setelah awal yang buruk di tahun ini.

Sebelum turnamen di Indonesia, penampilan terbaik Wei Chong/Kai Wun tahun ini terjadi di Swiss Open pada bulan Maret dan Malaysia Masters bulan lalu di mana mereka berhasil mencapai perempat final.

Di Singapore Open pekan lalu, keduanya kalah tipis dalam tiga game di babak kedua dari pasangan Denmark Kim Astrup-Anders Skaarup Rasmussen.

Penampilan mengecewakan Wei Chong/Kai Wun membuat mereka kehilangan tempat di Olimpiade Paris dan mereka terabaikan di Final Piala Thomas di Chengdu bulan lalu.

Meski begitu, pasangan asal Melaka ini tak menyerah dan menjadikan kekecewaan mereka sebagai motivasi untuk membuktikan diri. Rexy pun senang dengan peningkatan yang ditunjukkan Wei Chong / Kai Wun dan yakin mereka bisa menjadi pasangan papan atas jika tetap konsisten.

“Di turnamen Malaysia dan Singapura (sebelum Indonesia Open), penampilan Wei Chong-Kai Wun rata-rata tapi konsisten sejak babak pertama di Indonesia,” kata Rexy.

“Mereka juga bermain bagus di awal di final. Di game kedua, mereka seharusnya bisa memanfaatkan peluang yang ada di hadapan mereka. Mereka harus lebih berani dan memberikan tekanan lebih besar pada lawannya.

“Kedepannya saya berharap mereka tetap konsisten untuk menjadi pasangan kelas dunia.”

Wei Chong / Kai Wun sekarang akan istirahat dari turnamen dan selanjutnya akan bertanding di Japan Open pada bulan Agustus.

Artikel Tag: Man Wei Chong, Tee Kai Wun, rexy mainaky

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru