Kanal

PV Sindhu Berpeluang Jumpa Saina Nehwal di Semifinal Swiss Open 2021

Penulis: Yusuf Efendi
03 Mar 2021, 07:15 WIB

PV Sindhu-Saina Nehwal/[Foto:Sportstarlive]

Berita Badminton :Juara Dunia asal India, PV Sindhu akan bersemangat untuk kembali ke podium, sementara mantan pemenang Saina Nehwal ingin mendapatkan kembali sentuhannya di turnamen pembukaan musim Swiss Open yang dimulai di Basel pada hari Selasa.

Pemain tunggal putra India, juga, telah merasakan kesuksesan di turnamen ini dengan Sameer Verma, HS Prannoy dan Kidambi Srikanth sebagai pemenang masing-masing pada tahun 2018, 2016 dan 2015, sementara Sai Praneeth menjadi runner-up pada edisi terakhir.

Keempatnya akan mencari poin untuk menghidupkan kembali momen dan memperpanjang kinerja baik tim India di turnamen Swiss Open yang berhadiah USD 140.000 atau berkisar 2,1 miliar rupiah yang juga akan melanjutkan periode kualifikasi Olimpiade yang diperpanjang.

Di venue St. Jakobshalle, peraih medali perak Olimpiade Rio, PV Sindhu mengklaim medali emas Kejuaraan Dunia pada 2019, gelar terakhirnya sebelum gangguan pandemi COVID-19.

Pemain berusia 25 tahun asal Hyderabad yang menempati unggulan kedua, akan berusaha melangkah lebih jauh saat ia membuka kampanyenya melawan pemain asal Turki, Neslihan Yigit.

PV Sindhu tidak tampil bagus dalam tiga event di Thailand baru-baru ini tetapi jalan menuju perempat final Swiss Open terlihat mulus bagi pemain India itu di mana ia kemungkinan akan menghadapi unggulan kelima asal Thailand, Busanan Ongbamrungphan, lawan yang ia kalahkan di Toyota Thailand Open di Januari.

Mantan pemenang dua kali Saina Nehwal, juga, berada di babak yang sama tetapi pemain senior itu harus bisa mengatasi pemain seperti unggulan keenam asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun dan unggulan keempat asal Denmark, Mia Blichfeldt yang kemungkinan akan dia temui untuk maju ke semifinal berhadapan dengan PV Sindhu.

Mantan petenis nomor satu dunia, Saina Nehwal, yang berulang tahun ke-31 bulan ini, berada di ujung karir yang termasyhur, setelah merosot ke peringkat 19 di BWF tetapi dia masih memiliki keinginan untuk maju ke Olimpiade Tokyo.

Peraih medali perunggu Olimpiade London, Saina Nehwal berharap untuk membuat awal yang positif ketika ia membuka turnamen melawan Phittayaporn Chaiwan asal Thailand, mantan peraih medali perunggu kejuaraan dunia junior.

Semua mata juga tertuju pada pasangan ganda putra peringkat 10 dunia Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty setelah finis di semifinal di Toyota Thailand Open.

Pasangan India yang merupakan unggulan kedua, akan berusaha memperpanjang laju bagus mereka, terutama setelah sesi latihan selama sebulan di bawah pelatih ganda baru, Mathias Boe dari Denmark. Duo India itu akan menghadapi Christopher Grimley dari Skotlandia dan Matthew Grimley di babak pembukaan.

Harapan akan tinggi dari Satwik dan Ashwini Ponnappa juga setelah finis empat besar mereka di acara sebelumnya. Tapi itu akan menjadi pendakian yang berat bagi keduanya karena akan menghadapi unggulan kedua asal Indonesia, Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja di babak pertama.

Di tunggal putra, ini akan menjadi pertunjukan sesama India ketika Sameer menghadapi mantan pemain nomor satu dunia, Kidambi Srikanth di babak pembukaan.

Sementara Sameer terlihat bagus di Toyota Thailand Open, Srikanth juga tampaknya telah menemukan ritmenya di World Tour Finals pada bulan Januari. Ini akan menjadi pertarungan ketegangan karena keduanya telah kehilangan banyak pertandingan dari posisi menang dalam karir mereka.

Mantan peringkat delapan dunia Prannoy akan melawan Mark Calijouw dari Belanda, sementara Sourabh Verma menghadapi petenis Swiss Christian Kirchmayr. Ajay Jayaram akan bertemu Sitthikom Thammasin dari Thailand dan Parupalli Kashyap akan berhadapan dengan Pablo Abian dari Spanyol.

Praneeth, calon Olimpiade, yang terpaksa mundur dari turnamen terakhir di Thailand setelah dinyatakan positif COVID-19, akan berharap untuk bersinar dengan menghadapi Misha Zilberman dari Israel.

Lakshya Sen, yang absen di event Thailand karena cedera, juga akan bersiap untuk pergi saat ia membuka melawan Tanongsak Saensomboonsuk Thailand.

Swiss Open Super 300 akan menjadi krusial bagi para calon Olimpiade dengan BWF memperpanjang periode kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo hingga 15 Juni mendatang.

Artikel Tag: PV Sindhu, saina nehwal, Swiss Open 2021, olimpiade

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru