Kanal

Prinsipal McLaren Berupaya Utamakan Kejujuran dalam Memimpin

Penulis: Abdi Ardiansyah
14 Jan 2024, 18:10 WIB

Andrea Stella, Prinsipal McLaren F1

Berita F1: Prinsipal McLaren, Andrea Stella, merasa gaya kepemimpinannya yang terbuka dan blak-blakan berdampak bagi bagi tim dan membangun kepercayaan pada publik.

Andrea Stella diketahui menggantikan Andreas Seidl sebagai Prinsipal McLaren mulai F1 2023. Setelah tahun pertama bertugas, ia mendapat berbagai pujian karena mampu mengarahkan tim ke arah berbeda. Pria asal Italia tersebut menerapkan struktur teknis yang dirombak sembari memperlihatkan pribadinya yang jujur terhadap tim, masyarakat umum, dan juga media.

Setelah menyaksikan fakta bahwa McLaren melenceng agak jauh dari tujuan mereka tahun lalu, ia dengan cepat menjelaskan di mana letak kesalahan tim dan apa rencananya di musim baru. Ketika ditanya mengapa kejujuran begitu ditonjolkan dalam kepemimpinannya, Stella memberikan jawaban tegas.

"Saya memiliki strategi yang sangat sederhana: katakan saja apa adanya. Ini sangat sederhana. Itu menempatkan Anda di tempat yang kokoh,” katanya dikutip dari Motorsport.com

"Jika Anda mencoba membuat cerita yang tidak mencerminkan kenyataan, hal itu akan membuat Anda lolos dalam jangka pendek, namun hal itu tidak akan menciptakan fondasi. Jika kita ingin menciptakan fondasi, kita harus tetap berpegang teguh pada apa yang kita ketahui, berpegang teguh pada apa yang kita anggap benar,” ia menjelaskan.

"Pada akhirnya saya lebih suka mengatakan, 'Saya tidak dapat membagikan hal ini karena saya tidak ingin membocorkannya kepada para pesaing kami atau karena hal ini sensitif, atau hanya karena saya tidak yakin dan saya tidak ingin memberikan pendapat hanya untuk menunjukkan bahwa saya dapat berbicara tentang apa pun'. Saya lebih suka mengatakan (tidak ada),” imbuh Stella.

Keterusterangan pria berumur 52 tahun itu juga menentukan bagaimana tim asal Woking bekerja secara internal. Ia juga menuturkan bahwa sikap jujur merupakan nilai yang menjadi bagian dari budaya mereka.

"Kejujuran intelektual, ketelitian - semua itu sangat penting. Dan mereka tidak penting karena mereka milik saya. Mereka penting karena mereka adalah bagian dari budaya kami sebagai sebuah tim," ucap Stella.

"Itu berarti bahwa ini adalah harapan dari siapa pun yang bekerja di tim. Kejujuran intelektual, ketelitian - mengakui fakta apa adanya. Karena begitu kita mengetahuinya, maka kita bisa melakukan sesuatu. Namun, menciptakan sesuatu berdasarkan fakta hanyalah pendekatan yang berumur pendek,” pungkasnya.

Artikel Tag: Andrea Stella, McLaren, F1 2023, F1 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru