Kanal

Praveen/Melati Sukses Ajukan Penangguhan Ranking Kepada BWF

Penulis: Yusuf Efendi
13 Agu 2022, 14:00 WIB

Praveen Jordan-Melati Daeva/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Pasangan ganda campuran Indonesia peringkat 5 dunia, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti berhasil mengajukan perlindungan peringkat dunia kepada Federasi Badminton Dunia (BWF) karena Praveen Jordan tidak dapat bersaing selama beberapa bulan setelah menjalani operasi.

Praveen sebelumnya telah menjalani operasi tulang belakang dan diharapkan mampu melakukan latihan teknik ringan di bawah pengawasan dokter selama tiga bulan setelah operasi dan diharapkan pada bulan keempat dan kelima, sang pemain akan dapat bermain lagi.

Praveen/Melati mengajukan perlindungan kepada BWF dan sekarang berada di peringkat kelima Dunia. Dapat dilihat dengan jelas bahwa peringkat telah dikunci.

Pemain yang telah mendapatkan hak untuk "perlindungan peringkat" memiliki waktu minimal 3 bulan dan maksimal 12 bulan tanpa partisipasi turnamen.

Setelah 12 bulan, pemain harus berpartisipasi dalam kompetisi sesuai dengan peringkat normal, dan peringkat yang dilindungi tidak akan berlaku lagi.

Terhitung sejak bulan Agustus 2022, BWF resmi melepas pembekuan ranking (unfreeze). Mulai turnamen bulan Agustus ini, peringkat yang digunakan sudah merupakan peringkat normal, yang tidak dibekukan.

Setiap pekan pun akan diperbarui, sehingga siapapun pemain yang jarang ikut turnamen juga akan terdampak dengan penurunan peringkat. Untungnya, Praveen/Melati tidak akan mengalami hal itu setelah pengajuan perlindungan ranking disetujui oleh BWF.

Pengajuan perlindungan peringkat juga pernah dilakukan oleh legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei pada awal tahun 2019 lalu karena peringkatnya turun drastis setelah enam bulan absen dari turnamen. Pemain berusia 38 tahun itu didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli 2018, merosot 26 peringkat ke posisi 28 dunia pada akhir Desember 2018.

Namun BAM langsung mengajukan perlindungan peringkat kepada BWF agar Chong Wei bisa tampil di turnamen level atas dunia sebelum pada akhirnya sang pemain memutuskan untuk pensiun.

Artikel Tag: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, BWF

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru