Kanal

Pioli Bakal Ubah Formasi Jika Hasil yang Diraih Milan Tak Kunjung Memuaskan

Penulis: Nur Afifah
25 Feb 2021, 06:44 WIB

Stefano Pioli (Sumber: GettyImages)

Berita Liga Italia: Bos AC Milan Stefano Pioli kemungkinan akan mengubah formasi dalam beberapa pekan ke depan jika sistem 4-2-3-1 terus memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Saat berbicara kepada para reporter setelah kekalahan 3-0 dari Inter dalam Derby della Madonnina pada lanjutan Serie A akhir pekan kemarin, Pioli pun ditanya mengenai kemungkinannya mengevaluasi formasi menyusul kesulitan yang dialami Rossoneri belakangan ini.

Sang manajer lantas menanggapi dengan membuka akan adanya semua peluang dan berjanji bakal melakukan evaluasi untuk menentukan yang terbaik bagi timnya ke depan.

Menurut kabar terbaru dari Calcio Mercato, alternatif terbaik yang mungkin sesuai dengan karakteristik skuat raksasa Serie A tersebut adalah skema 4-3-3 dan/atau 4-4-2.

Formasi 4-4-2 sejatinya sempat diterapkan pada awal 2020 lalu saat Zlatan Ibrahimovic pertama kali datang dan diduetkan dengan Rafael Leao, namu masih perlu dilihat bagaimana pengaruh skema tersebut kepada pemain No. 10 alami seperti Hakan Calhanoglu dan Brahim Diaz.

Sementara itu, sistem 4-3-3 bakal berfungsi seperti formasi 4-2-3-1 saat ini, namun dengan winger yang lebih aktif dan kekuatan ekstra di lini tengah, dan bisa berjalan efektif seperti yang ditunjukkan oleh Spezia saat mengalahkan Milan beberapa waktu lalu.

Dua skema tersebut merupakan alternatif yang bisa dipertimbangkan Pioli jika formasi yang menjadi andalannya saat ini semakin tidak efektif untuk memberikan hasil sesuai yang diharapkan.

Artikel Tag: Pioli, Milan, Serie A

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru