Kanal

Perombakan Ganda Putra Tim Nasional Jepang Mengejutkan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
10 Sep 2021, 16:30 WIB

Yuta Watanabe-Hiroyuki Endo/[Foto:Badmintonthaitoday]

Selain Malaysia yang harus menyiapkan tim muda untuk berlaga di Piala Sudirman hingga Piala Thomas & Uber pada akhir bulan ini, negara lain yang akan menjalani perombakan skuad adalah Jepang yang gagal total pada Olimpiade Tokyo 2020 bulan Agustus lalu.

Perombakan skuad jepang terjadi karena banyak pemain yang sangat arogan dan berpikir bahwa sudah saatnya mereka berhenti untuk membuka jalan bagi generasi muda untuk mengabdi pada bangsa, terutama di sektor ganda putra. 

Pasangan pertama yang memutuskan pensiun adalah Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda, pasangan profesional peringkat enam dunia. 

Baik Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda yang kini berusia 31 tahun, memutuskan untuk menikah setelah Olimpiade Tokyo dan berniat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya daripada berpartisipasi di kompetisi internasional seperti sebelumnya.

Sedangkan Hiroyuki Endo, pemain berusia 34 tahun yang bermain bersama Yuta Watanabe, pemain serbabisa berusia 24 tahun yang tampil bagus setelah memenangkan gelar ganda putra All England pada dua kesempatan terakhir edisi tahun 2020 dan 2021, telah memutuskan untuk pensiun dan akan menjabat sebagai pelatih di klubnya, Nihon Unisys, klub yang menampung sejumlah pemain bulu tangkis nasional.

Mundurnya Kamura, Sonoda dan Endo merupakan perubahan besar bagi tim nasional Jepang, khususnya tim putra yang akan bertanding di Piala Thomas tanpa dua pasangan top sekaligus.

Tim nasional Jepang akan kembali berlatih bersama untuk pertama kalinya pada Senin (13/9) guna mempersiapkan tim untuk bertanding di putaran Final BWF Piala Sudirman 2021, yang akan berlangsung di Vantaa, Finlandia dari 26 September hingga 3 Oktober 2021.

Menarik untuk melihat pasangan ganda putra mana yang akan menggantikan ketiga pemain itu yang memutuskan untuk berhenti, termasuk untuk melihat apakah Yuta Watanabe akan memiliki partner baru atau hanya akan bermain di kategori ganda campuran bersama dengan Arisa Higashino.

Artikel Tag: jepang, Takeshi Kamura, Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo, Yuta Watanabe

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru