Kanal

Pelatih Indonesia, Agus Dwi Santoso Akan Latih PV Sindhu Dkk

Penulis: Yusuf Efendi
29 Feb 2020, 07:00 WIB

Saina Nehwal-Kidambi Srikanth-PV Sindhu/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso, yang telah melatih para pemain top dunia, akan pergi ke India untuk melatih para pemain papan atas tim nasional seperti PV Sindhu, Saina Nehwal dan Kidambi Srikanth menjelang Olimpiade Tokyo yang kian dekat.

Santoso adalah mantan pelatih juara dunia Sevilla 2001, juara Asian Games Bangkok 1998 dan peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000, bersama Hendrawan yang saat ini menjabat sebagai pelatih kepala tunggal putra tim nasional Malaysia.

Santoso adalah pelatih tim nasional Korea Selatan di Olimpiade Rio 2016 lalu dan berperan membawa Son Wan Ho meraih posisi peringkat 1 dunia pada Mei 2017.

Santoso direkomendasikan oleh pejabat Otoritas Olahraga India (SAI) pada pertemuan Olympic Podium. Namanya kemudian diteruskan oleh Kementerian Olahraga dan memberikan persetujuannya minggu ini. Penunjukan Santoso juga dilakukan setelah berkonsultasi dengan pelatih kepala BAI, Pullela Gopichand.

Di tim nasional, Santoso akan dibayar USD 8.000 atau berkisar 100 juta rupiah per bulan, berdasarkan warta dari Times of India, dan diperkirakan akan tiba di India pada awal bulan Maret.

Pelatih asal Indonesia itu hanya akan dikontrak hingga Olimpiade Tokyo dan akan ada penilaian dari federasi. Jika penampilannya memuaskan, Santoso akan dikontrak jangka panjang hingga Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Menurunnya performa Sindhu menjadi perhatian utama bagi federasi, dan dengan Saina Nehwal dan Kidambi Srikanth masih berjuang untuk lolos kualifikasi Olimpiade, Federasi Badminton India (BAI) memutuskan untuk mengontrak Santoso sebagai pelatih tunggal tim nasional setelah kekhawatiran mundurnya pelatih Sindhu asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun karena alasan pribadi.

Artikel Tag: Agus Dwi Santoso, PV Sindhu, India, olimpiade tokyo 2020

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru