Kanal

Pegolf Kini Punya Tambahan Waktu 15 menit Untuk Perbaiki Kartu Skor

Penulis: Hanif Rusli
19 Jun 2024, 20:45 WIB

Jika saja Jordan Spieth diberikan tambahan waktu 15 menit di US Open untuk memperbaiki kartu skor, dia mungkin tidak akan didiskualifikasi. (Foto: Golf Digest)

Para pemain kini memiliki tambahan waktu 15 menit untuk memperbaiki kartu skor mereka sebelum kartu tersebut dianggap telah dikembalikan.

Para pemain telah diberitahu tentang perubahan ini di US Open. USGA mengadopsi definisi yang telah diubah tentang kapan kartu "dikembalikan" di US Open dua pekan sebelumnya. Hal ini sekarang mulai berlaku di sebagian besar tur major pekan ini.

PGA Tour mengatakan tujuannya adalah "meminimalkan penalti atau diskualifikasi terkait kesalahan kartu skor."

Ada godaan ntuk menyebut perubahan dalam prosedur kartu skor itu sebagai "Peraturan Jordan", hanya karena Jordan Spieth adalah contoh yang terbaru.

Spieth berada di Pinehurst No. 2 pada hari Minggu (16/6) sebelum US Open. Dia mengatakan Scott Langley, direktur hubungan pemain USGA, menghampirinya dan berkata, "Ini bukan karena Anda. Tapi inilah yang kami lakukan di sini."

Kartu skor sebelumnya dianggap "dikembalikan" ketika pemain meninggalkan area penilaian.

Spieth sedang berjuang melawan masalah perut di Riviera ketika dia membuat double bogey di hole terakhir untuk skor 73, bergegas menaiki bukit untuk mencetak skor, menandatangani kartunya dan bergegas ke kamar mandi.

Dia secara tidak sengaja menuliskan angka 3 dan bukan 4 di hole keempat par-3, dan oleh karena itu dia menandatangani skor yang salah dan didiskualifikasi.

Di bawah peraturan baru, dia memiliki waktu 15 menit untuk memperbaiki kesalahan tersebut atau petugas akan menemukannya dan memberitahukan kesalahan tersebut.

"Untuk sebuah kesalahan yang jujur yang saya kira bisa menjadi pembeda dalam turnamen, saya pikir itu bagus," kata Spieth. "Saya tidak berpikir itu adalah sebuah keterampilan dalam permainan, terutama di tingkat profesional. Jika seseorang salah memasukkan skor, mereka dapat kembali dan memasukkannya kembali."

Mengenai waktu 15 menit, ada tanda waktu ketika kartu diterima, dan 15 menit tidak sampai ke detik. Hal ini tidak terlalu sering terjadi, terutama di PGA Tour di mana skor diperiksa dengan komputer.

Dan ada pengecualian. Jika seorang pemain tetap berada di dalam skor selama 15 menit (Phil Mickelson dikenal suka berlama-lama di sana), kartu skor akan dianggap dikembalikan saat pemain tersebut meninggalkan area tersebut. Selain itu, aturan 15 menit dapat dipengaruhi oleh playoff, atau oleh waktu tee yang harus dipasang segera setelah cut.

Artikel Tag: waktu 15 menit

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru