Kanal

MotoGP 2021 Tak Berjalan Baik, Alex Rins Sadar Terlalu Banyak Ambil Risiko

Penulis: Abdi Ardiansyah
11 Jan 2022, 22:55 WIB

Alex Rins

Berita MotoGP: Alex Rins menyadari dirinya terlalu banyak mengambil risiko pada kejuaraan MotoGP 2021, akibatnya musim lalu tak berjalan sesuai dengan harapannya.

Secara keseluruhan, penampilan Alex Rins bersama Suzuki pada kejuaraan MotoGP 2021 jauh dari kata memuaskan. Padahal pada musim 2020, pabrikan asal Hamamatsu itu sukses menorehkan prestasi yang spektakuler.

Rins mampu mengakhiri musim tersebut dengan kuat, yakni menduduki peringkat ketiga dalam klasemen akhir pebalap. Sementara rekan setimnya, Joan Mir, menyabet gelar juara dunia. Keduanya juga membawa Suzuki Ecstar merebut gelar tim.

Namun kisah sukses mereka justru tak berlanjut pada musim 2021. Mir gagal mempertahankan mahkota juaranya dan menutup musim di peringkat ketiga klasemen akhir pebalap. Sedangkan Rins malah terhempas dari 10 besar, yakni di peringkat ke-13.

“Awalnya sudah sangat sulit. Kecepatan ada di sana, tetapi saya tidak bisa menyelesaikan balapan. Saya selalu jatuh,” ujar Rins dikutip dari Motorsport.com.

“Saya ingin bersaing di barisan depan dan memenangkan balapan, namun tidak membalap di posisi yang sesuai dengan kemauan saya,” pria asal Spanyol itu menambahkan.

Bagi Alex Rins, kejuaraan MotoGP 2021 menjadi musim yang berjalan tak mudah baginya. Ia lantas menyebut seri MotoGP Italia sebagai momen tersulitnya.

“Saat itu saya baru saja mengalami beberapa kecelakaan dan, meskipun saya membalap tanpa tekanan, saya kembali jatuh. Jika Anda crash berkali-kali, ada banyak hal yang terlintas di kepada Anda,” ucapnya.

“Tetapi di belakang saya ada grup yang selalu mendukung, seperti Nolan misalnya. Berkat mereka, masa tersulit dapat diatasi dengan lebih baik,” ia menjelaskan.

Kondisi Suzuki saat ini juga diketahui masih kurang stabil setelah ditinggalkan oleh sang manajer tim, Davide Brivio, yang memilih hijrah ke Formula 1. Meski begitu Rins menegaskan bahwa pabrikan asal Jepang itu selalu mendukungnya.

“Kami tetap kuat bersama. Tentu ada saat-saat indah dan masa-masa sulit. Tetapi tim selalu berusaha ada untuk saya (dan Joan Mir). Itu membantu saya melaluinya,” tutup Rins.

Artikel Tag: Alex Rins, Suzuki, MotoGP 2021, MotoGP 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru