Kanal

Meski Sudah Berumur, Atlet Ini Siap Bertarung Memperebutkan Tempat di Skuat Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
10 Agu 2020, 16:15 WIB

Daren Liew/[Foto:NST]

Berita Badminton : Bermain dua pertandingan sehari melawan pemain yang setidaknya 10 tahun lebih muda tidak akan mudah bagi Daren Liew di Kejuaraan Internal Federasi Badminton Malaysia (BAM) minggu ini.

Namun alih-alih menyerah, pemain berusia 33 tahun itu yakin dia masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan bertekad untuk masuk ke skuad Piala Thomas 2020.

Daren, yang memainkan tunggal ketiga di edisi New Delhi 2014, mengatakan: "Ini tidak akan mudah, terutama di beberapa pertandingan pertama," katanya.

"Saya sudah lama tidak bermain bulutangkis kompetitif. Butuh waktu bagi saya untuk masuk ke dalam alur. Kekhawatiran lain yang saya miliki adalah memainkan dua pertandingan sehari."

"Bahkan di turnamen internasional, kami hanya memainkan satu pertandingan dalam sehari. Saya harap saya bisa mengikuti, dari segi kebugaran. Namun, saat ini saya adalah pemain paling berpengalaman di divisi tunggal putra dan menempati peringkat kedua di negara ini. Akan ada lebih banyak opsi jika saya bisa masuk tim Piala Thomas," tambahnya.

Selain Daren, pemain independen lainnya yang memperebutkan tempat di tim adalah Soong Joo Ven. Duo ini telah berlatih di bawah asuhan pelatih nasional, Hendrawan dan Tey Seu Bock sejak BAM membuka pintu untuk pemain profesional pada pertengahan Juli.

“Saya mengenal para pelatih dan beberapa pemain dengan baik seperti saya telah berlatih bersama mereka untuk Asian Games 2018. Latihan di Akademi Bulu Tangkis Malaysia sejauh ini sangat bagus untuk saya karena kualitas sparring di sini jauh lebih tinggi,” jelas Daren.

Pekan lalu, mantan juara junior Asia, Leong Jun Hao dan juara Hellas Open 2019 Lim Chong King memenuhi kriteria mereka sebagai unggulan teratas ketika mereka finis pertama dan kedua di Divisi Dua di nomor tunggal putra.

Mereka akan melawan pemain nomor 10 dunia, Lee Zii Jia, Daren, Joo Ven, dan Cheam June Wei dalam kompetisi Divisi Satu yang dimulai Rabu.

Federasi Badminton Dunia (BWF) tetap optimistis babak final Piala Thomas dan Uber akan berlangsung sesuai rencana pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.

Artikel Tag: Daren Liew, Song Joo Ven, Lee Zii Jia

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru