Kanal

Manuel Neuer Sadar Penampilannya Bersama Timnas Jerman Kerap Dikritik

Penulis: Depe Ptr
17 Jun 2024, 20:48 WIB

Manuel Neuer via gettyimages

Berita Euro 2024: Penjaga gawang Timnas Jerman, Manuel Neuer, tidak pernah berhenti memikirkan perdebatan tentang penampilannya baru-baru ini untuk klub dan negaranya, dengan mengatakan bahwa analisis apa pun dilakukan secara internal.

Neuer telah menjadi kiper pilihan pertama Timnas Jerman sejak Piala Dunia 2010 dan berkompetisi di turnamen besar kedelapannya, di Euro 2024.

Namun dalam beberapa pertandingan terakhir, termasuk ketika Bayern Munich tersingkir di semifinal Liga Champions oleh Real Madrid, ia terlihat jauh dari label kiper kelas dunia.

Pemain berusia 38 tahun itu mengalami patah kaki pada Desember 2022 saat bermain ski menyusul tersingkirnya Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, dan baru kembali beraksi pada bulan November.

Namun pelatih Jerman, Julian Nagelsmann memilih Neuer sebagai kiper nomor satunya di Euro 2024, dan kembali menurunkan status Marc-Andre ter Stegen sebagai kiper cadangan.

"Sejujurnya, saya menyadarinya (perdebatan) dari pihak luar," kata Manuel Neuer pada konferensi pers, Senin (17/06). "Saya tidak membaca apa pun dan itulah yang selalu saya lakukan.

"Kami membahas semuanya secara internal dengan mereka yang bertanggung jawab. Kami melihat video-video itu dan mengevaluasi semuanya berdasarkan video-video itu. Jadi saya tidak menyia-nyiakan pemikiran apa pun dalam perdebatan ini."

Ter-Stegen menyuarakan kekecewaannya sesaat sebelum turnamen di Jerman dimulai, namun dia akhirnya menerima perannya dan sepenuhnya mendukung tim.

"Tujuan tim adalah hal yang terpenting," kata Neuer.

"Kepercayaan adalah hal yang penting dan kepercayaan di antara rekan satu tim dan staf pelatih sangat tinggi. Dan bagi saya, fokus awalnya adalah pada pertandingan melawan Skotlandia, lalu kemudian pertandingan grup berikutnya."

Artikel Tag: Manuel Neuer, EURO 2024, Jerman

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru