Kanal

LPGA Tour Rayakan Musim 2023 Yang Penuh Pemecahan Rekor

Penulis: Hanif Rusli
21 Nov 2023, 09:39 WIB

Amy Yang menutup LPGA Tour musim 2023 dengan menjuarai CME Group Tour Championship di Naples, Florida. (Foto: LPGA)

Musim 2023 merupakan tahun yang tak terlupakan bagi LPGA Tour. Dengan penampilan luar biasa dari para pegolf dari seluruh dunia, jumlah Rolex First-Time Winner yang memecahkan rekor dan hadiah uang yang terus meningkat.

Lilia Vu meraih penghargaan Rolex Player of the Year 2023 setelah finis di posisi keempat di CME Group Tour Championship. Musim 2023 yang luar biasa termasuk empat kemenangan turnamen, dengan kemenangan besar di The Chevron Championship dan AIG Women's Open.

Dengan rata-rata skor musim 69,533, Atthaya Thitikul memenangkan Vare Trophy. Ia meraih trofi ini setelah musimnya yang mengesankan sebagai rookie, yang membuatnya memenangkan Louise Suggs Rolex Rookie of the Year pada 2022 setelah meraih dua gelar.

Tahun karier Angel Yin termasuk kemenangan pertamanya di LPGA Tour, kemenangan playoff di Buick LPGA Shanghai, dan finis di posisi kedua di The Chevron Championship. Dia juga memenangkan Aon Risk Reward Challenge dan hadiah sebesar $1 juta, yang diberikan kepada pemain yang membuat keputusan terbaik di lubang paling menantang secara strategis di LPGA Tour.

Di LPGA Tour musim 2023, 28 pemain mendapatkan lebih dari $1 juta, jumlah terbanyak dalam sejarah LPGA Tour. Vu memimpin Official Money List dengan penghasilan $3.502.303, dengan Amy Yang dan Allisen Corpuz juga menghasilkan lebih dari $3 juta.

Sebanyak 128 pemain teratas menghasilkan lebih dari $100.000, naik dari 119 pemain satu tahun lalu dan naik dari 99 pemain 10 tahun lalu. Vu mengakhiri musim ini dengan berada di puncak klasemen Race to the CME Globe untuk mengamankan posisi teratas dalam Daftar Prioritas Tur LPGA 2024.

Penghargaan tahunan LPGA Rolex Awards, yang diadakan pada hari Kamis (16/11) pekan lalu di Ritz Carlton Naples, memberikan penghargaan kepada Rookie of the Year Louise Suggs Rolex, Hae Ran Ryu, serta pemenang Founders Award, Lexi Thompson, dan pemenang Heather Farr Perseverance Award, Jane Park.

Malam itu juga merayakan 12 Pemenang Rolex First-Time, pemenang pertama kali dalam satu musim terbanyak dalam sejarah Tour - Corpuz (AS Women's Open), Linn Grant (Dana Open), Megan Khang (CPKC Women's Open), Grace Kim (LOTTE Championship), Alexa Pano (ISPS Handa World Invitational), Ryu (Walmart NW Arkansas Championship), Elizabeth Szokol (Dow Great Lakes Bay Invitational), Vu (Honda LPGA Thailand, The Chevron Championship, AIG Women's Open, The ANNIKA yang digerakkan oleh Gainbridge di Pelican), Chanettee Wannasaen (Portland Classic), Angel Yin (Buick LPGA Shanghai), Ruoning Yin (DIO Implant LA Open) dan Rose Zhang (Mizuho Americas Open).

Kejuaraan CME Group Tour, yang dimenangkan oleh Yang untuk gelar kelima dalam kariernya di LPGA Tour, juga merupakan puncak dari CME Group Cares Challenge - Score 1 for St. Jude, sebuah program amal sepanjang musim yang mengubah kartu As menjadi donasi.

CME Group mendonasikan $20.000 untuk setiap hole-in-oneyang dibuat di LPGA Tour musim 2023 kepada Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude, yang menjadi pelopor dalam cara dunia memahami, mengobati, dan mengalahkan kanker anak dan penyakit yang mengancam jiwa.

Musim 2023 diakhiri dengan 20 hole-in-one di LPGA Tour, termasuk ace ronde kedua Jenny Shin dan ronde ketiga Nelly Korda di CME Group Tour Championship, dan CME Group menyumbangkan $1,3 juta kepada St. Jude untuk merayakan tahun 2023 LPGA Tour.

Meskipun LPGA Tour musim 2023 telah resmi berakhir, masih ada dua turnamen penting yang akan diselenggarakan di tahun 2023.

LPGA Q-Series akan kembali ke Lapangan Golf Magnolia Grove di Robert Trent Jones Golf Trail di Mobile, Alabama, mulai 30 November hingga 5 Desember 2023. Kesempatan kualifikasi terakhir bagi para pemain untuk mendapatkan status LPGA Tour 2024 akan dimainkan dalam enam ronde (108 lubang) dengan cut yang akan ditentukan setelah empat ronde di lapangan Falls dan Crossings.

Musim 2023 pada akhirnya akan diakhiri dengan Grant Thornton Invitational, yang akan dimulai pada 4-10 Desember di Tiburon Golf Club, tempat penyelenggaraan CME Group Tour Championship.

Ajang tim campuran ini akan memungkinkan para pemain dari PGA Tour dan LPGA Tour bersaing memperebutkan hadiah dan visibilitas yang setara, sebuah format yang baru di era golf profesional saat ini.

Tim-tim ternama untuk Grant Thornton Invitational antara lain Nelly Korda dan Tony Finau, Lydia Ko dan Jason Day, serta Lexi Thompson dan Rickie Fowler.

Artikel Tag: Musim 2023

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru