Kanal

Lee Zii Jia Tantang Jonatan Christie di Perempat Final Kejuaraan Asia 2024

Penulis: Yusuf Efendi
12 Apr 2024, 10:15 WIB

Jonatan Christie-Lee Zii Jia/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Pemain peringkat 11 dunia Malaysia Lee Zii Jia sukses melaju ke perempat final tunggal putra Kejuaraan Bulu Tangkis Asia tahun ini. Lawannya berikutnya adalah juara All England bulan lalu peringkat 5 dunia Jonatan Christie dari Indonesia.

Lee Zii Jia memulai pertandingan babak 16 besarnya pada hari Kamis dengan mengalahkan pemain peringkat 15 dunia asal Taiwan Chou Tien Chen dengan skor 21-15 dan 21-17.

Dengan kemenangan ini, ia mengamankan kemenangan keempatnya dalam pertemuan kesembilan mereka.

Lee, 26 tahun, mengaitkan kemenangannya dengan menjaga ketenangan dan menangani berbagai aspek permainan dengan tenang.

Selanjutnya, Lee Zii Jia akan menghadapi Jonatan Christie dari Indonesia pada hari Jumat.

Mereka telah saling berhadapan sembilan kali, dengan Lee kalah dalam empat pertemuan pertama tetapi memenangkan lima pertemuan terakhir.

Pertandingan terakhir mereka adalah pada bulan Januari lalu di turnamen India Open World Tour Super 750.

Jonatan Christie sebelumnya mengalahkan pemain peringkat 14 dunia asal Hong Kong Lee Cheuk Yiu dengan skor 21-14 dan 21-16 pada putaran kedua BAC, Kamis.

Ini menandai turnamen ketujuh Lee tahun ini. Dia telah mencapai perempat final tiga kali sebelumnya, sekali tersingkir di babak 16 besar, dan dua kali tersingkir di babak pertama.

Masih harus dilihat apakah dia bisa mencapai semifinal untuk pertama kalinya tahun ini. Lee memenangkan gelar BAC pertamanya pada tahun 2022, dan semua mata tertuju pada apakah ia dapat merebut kembali gelar tersebut.

Selain itu, unggulan utama asal Tiongkok Shi Yuqi dan unggulan kelima Li Shifeng juga melaju ke perempat final dengan kemenangan 2-0 atas Kenta Nishimoto dari Jepang dan Wang Tzu Wei dari Tiongkok Taipei.

Lawan mereka di perempat final adalah juara dunia asal Thailand Kunlavut Vitidsarn dan juara bertahan asal Indonesia Anthony Sinisuka Ginting.

Di ganda putra, Malaysia meraih rekor 2-1 di babak 16 besar saat Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin melaju ke perempat final, dengan hanya Man Wei Chong/Tee Kai Wun yang tersingkir.

Pasangan unggulan ke-4 Chia/Soh menghadapi tantangan berat di babak 16 besar melawan pasangan Jepang Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura.

Setelah pertarungan sengit yang berlangsung selama 61 menit, mereka keluar sebagai pemenang dengan skor 21-18, 14-21, 21-14 melawan pasangan peringkat 25 dunia itu.

Chia/Soh akan menghadapi Liu Yuchen dan Ou Xuan Yi dari Tiongkok di perempat final, yang diperkirakan akan menjadi pertandingan sulit lainnya.

Sedangkan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin akan berhadapan dengan juara Olimpiade Tokyo 2020 Lee Yang/Wang Chi-Lin pada Jumat.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Jonatan Christie, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru