Kanal

Lee Zii Jia Siap Bangun Kembali Karir Bulu Tangkis Musim Depan

Penulis: Yusuf Efendi
07 Des 2022, 03:00 WIB

Lee Zii Jia-Kento Momota/[Foto:Thestar]

Beriita Badminton : Pebulutangkis independen Lee Zii Jia siap menikmati momen yang terbaik dari dua dunia untuk menghidupkan kembali karir bulu tangkisnya musim depan.

Lee Zii Jia yang berusia 24 tahun memberikan kejutan dengan menjadi pebulutangkis profesional pertama yang menghadiri sesi latihan bersama Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) di Academy Badminton Malaysia (ABM) di Bukit Kiara pada hari Sabtu.

“Saya sudah bekerja untuk mempersiapkan musim depan. Saya dengan rendah hati telah menerima undangan Asosiasi Bulutangkis Malaysia bagi para independen untuk bertanding di ABM,” katanya dalam sebuah posting Instagram kemarin.

“Saya harus terus meningkat dan terus membuktikan nilai saya.”

Pemain peringkat 2 dunia itu menghabiskan waktu dua jam untuk bertanding melawan seluruh pemain tunggal asuhan Hendrawan dan K. Yogendran. Semua yang diuntungkan dari sesi tersebut adalah Leong Jun Hao, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Justin Hoh dan beberapa pemain junior.

Tidak banyak yang berharap Zii Jia menerima undangan BAM untuk latihan bersama, terutama setelah ia meninggalkan badan nasional untuk menjadi profesional awal tahun ini dan bahkan menolak undangan bermain untuk Malaysia di Manchester Commonwealth Games.

Tetapi yang pertama telah memutuskan bahwa pertandingan berkualitas dengan pemain terbaik BAM akan membuatnya menjadi dunia yang baik dan dia membutuhkan sparing berkualitas untuk lebih konsisten dalam permainannya.

Sejak meninggalkan BAM, Zii Jia meraih hasil yang beragam di pentas internasional. Dia memulai dengan kuat dengan memenangkan gelar Asia tetapi agak tidak menentu dalam permainannya di kompetisi baru-baru ini.

Dan tanpa pelatih sekarang dengan absennya Indra Wijaya yang pergi minggu lalu, Zii Jia membutuhkan semua bantuan yang bisa dia dapatkan untuk meningkatkan standarnya di lapangan tunggal putra yang kompetitif.

Lee Zii Jia akan berharap bahwa kolaborasi dengan BAM akan memberikan keuntungan yang baik menjelang pembukaan musim Malaysia Open pada 10-15 Januari.

BA Malaysia telah membuka pusat pelatihan dan fasilitas mereka untuk semua profesional yang berada di peringkat 30 besar dunia sejak awal bulan lalu. Mereka telah mengalokasikan hari Rabu untuk tunggal dan Jumat untuk ganda.

Direktur kepelatihan tunggal nasional Wong Choong Hann mengatakan sesi pertandingan akan menguntungkan pemain Zii Jia dan BAM.

“Saya menerima telepon dari saudara perempuan Zii Jia, Zii Yii, minggu lalu apakah dia bisa bermain pada hari Sabtu. Kami bilang oke untuk permintaan ini dulu. Yang akan datang akan diadakan pada hari Rabu,” kata Choong Hann.

“Dia adalah pemain profesional pertama yang benar-benar muncul untuk sesi pertandingan bersama kami. Sesi ini pasti akan menguntungkan kedua belah pihak. Zii Jia bermain dengan semua pemain tunggal kami dalam sesi dua jam itu. Itu juga bagus untuk pemain kami karena bahkan junior kami bisa bermain melawan mereka.”

Mantan pemain internasional Liew Daren dan beberapa pemain ganda lainnya diharapkan bergabung di lain waktu.

Choong Hann mengatakan BAM fleksibel dengan pengaturannya.

“Kami sadar bahwa setiap orang memiliki jadwal yang padat. Para pemain independen hanya perlu memberi tahu kami lebih awal sebelum bergabung sehingga kami dapat mengatur semuanya, ”kata Choong Hann.

“Zii Jia mungkin tidak datang secara teratur tetapi kapan pun jadwalnya memungkinkan. Bisa jadi sama untuk yang lain. Kami fleksibel karena kami menginginkan yang terbaik untuk semua yang terlibat.”

Artikel Tag: Lee Zii Jia, BWF, wong choong hann

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru