Kanal

Langkah Arthur Fils Menuju Final Di Jeddah Tak Terbendung

Penulis: Dian Megane
02 Des 2023, 09:07 WIB

Arthur Fils [image: atp tour]

Berita Tenis: Arthur Fils mempertahankan rekor sempurna di Next Gen ATP Finals, Jeddah musim 2023 dengan membukukan satu tiket menuju partai puncak.

Pada laga yang mempertemukan dua petenis berkebangsaan Perancis, petenis unggulan pertama mengalahkan petenis unggulan kedua, Luca Van Assche dengan 2-4, 4-1, 4-3, 4-3 setelah memperlihatkan pukulan-pukulan keras dan rapi di semifinal Next Gen ATP Finals yang berlangsung selama 1 jam 37 menit.

Petenis peringat 36 dunia menembakkan sejumlah forehand mematikan dan tampil dominan dengan servisnya setelah ia memenangkan 23 dari 24 poin servis pertamanya di set ketiga dan keempat. Ia pun membukukan satu tempat di final usai mengkonversi peluang match point keempat.

“Kali ini pertandingan sengit melawan teman baik. Kami mengenal satu sama lain sejak kami berusia 9 tahun, jadi, itu sedikit menyulitkan dan saya merasa gembira dengan kemenangan ini,” ungkap Fils.

“Saya memasuki lapangan dengan pola pikir bahwa saya bisa menang. Set pertama cukup menantang, ia bermain dengan sangat apik dan bertahan dengan begitu baik, berlari dengan sangat cepat. Saya tetap fokus dan saya merasa benar-benar senang dengan kemenangan ini.”

Momen krusial muncul di set ketiga ketika petenis berusia 19 tahun menahan rasa tegang selama no-ad point pada kedudukan 2-3, yang berlipat ganda sebagai peluang set point bagi Van Assche. Petenis unggulan pertama lalu merebut keunggulan 5/0 di babak tiebreak set tersebut sebelum memenangkannya.

“Saya melakoni setiap poin dengan mencoba semua hal menggunakan forehand saya, bergerak dengan sangat impresif. Saya merasa cukup senang dengan babak tiebreak itu,” tambah Fils.

Di laga ulang final French Open kategori junior nomor tunggal musim 2021 yang dimenangkan Van Assche, petenis unggulan pertama melesatkan 24 winner demi membukukan laga pamungkas Next Gen ATP Finals melawan petenis berkebangsaan Serbia, Hamad Medjedovic.

Selama enam musim perhelatan Next Gen ATP Finals, Fils menjadi petenis berkebangsaan Perancis pertama yang berhasil lolos ke final dan ia mencatatkaan 4-0 pada pekan ini usai mengakhiri musim 2023 Van Assche.

“Ini turnamen yang mengagumkan dan pengalaman luar biasa bagi para petenis muda. Ini kekalahan pahit, tetapi pekan ini luar biasa,” tukas Van Assche.

Artikel Tag: Tenis, Next Gen ATP Finals, Arthur Fils, Luca Van Assche

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru