Kanal

Hendrawan Yakin Ng Tze Yong Akan Lolos Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
27 Feb 2024, 11:30 WIB

Ng Tze Yong-Hendrawan/[Fot:Thestar]

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Indonesia, Hendrawan belum menyerah pada peluang kualifikasi Ng Tze Yong untuk kejuaraan akbar Olimpiade Paris 2024.

Meskipun segalanya tampak suram dan suram bagi Tze Yong setelah mengalami cedera punggung, Hendrawan yakin pintu menuju impian Olimpiadenya belum sepenuhnya tertutup.

Pelatih asal Indonesia itu mengatakan keberuntungan dan tekad kuat pasca pemulihan bisa menjadi pembeda bagi Ng Tze Yong. Ng Tze Yong yang berusia 23 tahun akan menjalani operasi minggu ini dan dokter mengindikasikan bahwa dibutuhkan waktu dua hingga enam minggu baginya untuk pulih.

Ia akan melewatkan French Open (5-10 Maret) dan All England (12-17 Maret) namun namanya masih tercatat untuk Spain Masters (26-31 Maret) dan Asia Championships (9-14 April), yaitu dua turnamen kualifikasi Olimpiade terakhir untuknya.

Dalam Road to Paris saat ini, Tze Yong berada di peringkat 15 dengan 58.735 poin.

Malaysia dapat memiliki maksimal dua pemain jika keduanya berada di peringkat 16 besar. Pemain Malaysia lainnya yang juga dijamin adalah pemain profesional Lee Zii Jia, yang berada di peringkat 10.

Hendrawan mengatakan berdasarkan klasemen saat ini, pemain yang mampu menyalip Tze Yong pada perlombaan Olimpiade adalah Lakshya Sen dari India (54.521 poin), Lu Guangzu dari China (54.241) dan Lin Chun-yi dari Taiwan (54.136).

“Ada dua alasan yang bisa mengubah nasib Tze Yong,” kata Hendrawan.

“Tidak baik mengatakannya tetapi jika pemain lain seperti Lakshya, Guangzu dan Chun-yi tidak tampil baik, mereka tidak bisa menyalip Tze Yong. Para pemain ini harus mencapai semifinal di turnamen Super 300 dan perempat di Super 1000," ungkapnya.

“Chun-yi misalnya akan mengikuti German Open pekan ini, jika dia tampil bagus maka dinamikanya akan berubah."

“Situasinya memang sulit bagi Tze Yong. Dengan asumsi bahwa ia sudah pulih dan bermain di pertandingan Spanyol dan Asia, ia juga memiliki tanggung jawab untuk mencapai hasil yang baik karena partisipasi saja tidak cukup."

“Dia harus mencapai setidaknya semifinal di Spanyol dan perempat final di Asia dan pada saat yang sama, berharap rival terdekatnya tidak akan tampil baik."

“Ini memang terlihat sulit di atas kertas karena kami harus bergantung pada pemain lain dan juga melihat seberapa cepat pemulihannya, tetapi saya akan tetap bersamanya sampai kami tahu pasti partisipasinya di Olimpiade."

“Untuk saat ini tentunya kami ingin Tze Yong bisa menjalani operasi dan pulih dengan baik. Pasca operasi bisa berbeda untuk pemain yang berbeda, beberapa mungkin membutuhkan waktu lama tetapi beberapa mungkin beradaptasi dan kembali dengan cepat," Hendrawan menambahkan.

Sambil menunggu Ng Tze Yong melewati masa kelam dalam hidupnya, Hendrawan dan pelatih lainnya akan fokus pada pemain lain seperti Leong Jun Hao, juara U-21 Eogene Ewe, dan Justin Hoh.

Artikel Tag: ng Tze Yong, hendrawan, Olimpiade Paris 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru