Kanal

Hendrawan Tegaskan Tak Ada Waktu Bersantai Bagi Ng Tze Yong Kejar Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
07 Des 2023, 23:00 WIB

Ng Tze Yong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Soal kualifikasi Olimpiade, pemain tunggal putra Ng Tze Yong belum bisa bernapas lega. Pelatih nasional asal Indonesia, Hendrawan mengatakan sangat penting bagi Tze Yong untuk tampil baik di empat turnamen pertama tahun depan, termasuk Super 1000 Malaysia Open pada 9-14 Januari, untuk melihat bagaimana sisa musimnya.

Pemain peringkat 15 dunia Tze Yong memainkan turnamen terakhirnya tahun ini di China Masters bulan lalu dan saat ini berada di peringkat ke-13 dalam klasemen Race to Paris. Untuk nomor tunggal, suatu negara diperbolehkan maksimal dua pemain, asalkan keduanya berada di peringkat 16 besar pada akhir periode kualifikasi Olimpiade satu tahun pada bulan April.

"Kami tahu Tze Yong masih perlu melatih kekuatan dan kebugarannya, oleh karena itu kami memutuskan untuk memulai latihannya untuk musim 2024 setelah istirahat tiga hari saja," kata Hendrawan.

“Tze Yong telah menunjukkan kemajuan yang baik tahun ini dari perempat final ke semi final dan bahkan final. Satu-satunya hal yang hilang adalah gelar World Tour."

“Untuk saat ini, kami akan mendaftarkan namanya di beberapa turnamen. Berbeda dengan Viktor Axelsen (Denmark) atau An Se Young (Korea Selatan), Tze Yong belum memiliki kemewahan untuk memilih turnamennya dulu."

"Ini berlaku untuk sebagian besar pemain yang peringkatnya tidak cukup tinggi sampai pemain menengah. Tergantung pada bagaimana kinerja Tze Yong di empat turnamen pembuka tahun depan, kami akan dapat merencanakan turnamennya dengan lebih baik sebelum Olimpiade,” tambah Hendrawan di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara hari ini.

Lebih jauh menjelaskan, pelatih asal Indonesia itu mengatakan Super 750 French Open dan Super 1000 All England pada bulan Maret serta Kejuaraan Asia pada bulan April akan menjadi turnamen besar terakhir bagi Tze Yong untuk mengumpulkan poin peringkat sebelum Olimpiade Paris pada bulan Juli.

Pada bulan Januari setelah Malaysia Open, Tze Yong kemungkinan akan bermain di Super 750 India Open (16-21 Januari), Super 500 india Masters (23-28 Januari), dan Super 300 Thailand Masters (30 Januari-4 Februari).

Ng Tze Yong juga akan menjadi bagian dari skuad Badminton Asia Team Championships (BATC) pada 13-18 Februari di Selangor.

“Karena Tze Yong tidak bermain di Piala Sudirman tahun ini dan Piala Thomas tahun depan di luar masa kualifikasi Olimpiade, maka kami akan memasukkannya ke BATC pada bulan Februari,” tambah Hendrawan.

Artikel Tag: hendrawan, ng Tze Yong, Olimpiade Paris 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru