Kanal

Hasil NBA: Milwaukee Bucks Tundukkan Portland Trail Blazers 108-102

Penulis: Hanif Rusli
27 Nov 2023, 12:50 WIB

Damian Lillard mencetak 31 poin saat Milwaukee Bucks mengalahkan Portland Trail Blazers 108-102. (Foto: AP)

Giannis Antetokounmpo melakukantip-in dengan 18,5 detik tersisa dan mencetak 33 poin, 16 rebound dan enam assist, dan tuan rumah Milwaukee Bucks berhasil mengatasi defisit 26 poin untuk mengalahkan Portland Trail Blazers 108-102 pada hari Minggu (26/11).

Damian Lillard menambahkan 31 poin dan memastikan kemenangan dengan melakukan empat lemparan bebas dalam 10 1/2 detik terakhir. Guard yang tujuh kali menjadi All-NBA ini memainkan 11 musim pertama dalam kariernya bersama Portland Trail Blazers sebelum meminta pindah pada musim panas dan akhirnya mendarat di Milwaukee.

Menjelang pertandingan, Lillard tidak begitu mengindahkan prospek menghadapi mantan timnya untuk pertama kalinya dan mencatat bahwa itu akan berbeda pada 31 Januari, ketika Milwaukee Bucks mengunjungi Portland.

"Begitu saya masuk, saya melihat banyak wajah yang saya kenal," kata Lillard setelah pertandingan. "Saya sempat berpikir untuk pergi ke ruang ganti tim tamu. Saya berpikir, 'Astaga, ini sedikit berbeda'. Kemudian ketika kami tiba di lapangan, saya melihat semua orang, dan itu adalah perasaan yang aneh. Namun begitu kami mulai bermain, saya bisa melupakannya dengan cepat. Sama seperti sebelumnya, saya tidak berpikir ini akan menjadi hal besar atau hal yang gila, dan ternyata tidak."

Hampir sepanjang hari, pertandingan itu juga terlihat bakal menjadi kekalahan yang memalukan bagi Milwaukee Bucks. Namun, laga itu berakhir dengan kebangkitan terbesar mereka dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Milwaukee Bucks tertinggal 81-55 di awal kuarter ketiga, defisit terbesar yang berhasil diatasi oleh tim pemenang di NBA musim ini. Ini merupakan kemenangan terbesar Bucks dari posisi tertinggal sejak 26 November 2012, ketika mereka bangkit dari ketertinggalan 27 poin dalam kemenangan 93-92 atas Chicago.

Portland Trail Blazers merombak daftar pemainnya sedemikian rupa selama libur kompetisi sehingga hanya ada beberapa pemain Blazers yang pernah bermain bersama Lillard musim lalu. Meskipun begitu, Blazers terlihat terinspirasi sejak awal.

Blazers memasuki pertandingan dengan menempati peringkat terakhir di NBA dalam hal persentase tembakan 3 poin (.324) dan peringkat kedua dari bawah dalam hal persentase field-goal (.434), namun mereka berhasil menembak 52,1% secara keseluruhan dan 10 dari 17 percobaan tembakan 3 poin di paruh pertama.

Namun mereka hanya menembak 27,9% di paruh kedua dan gagal memasukkan 12 dari 13 percobaan tembakan tiga angka terakhir mereka.

"Untuk menjadi tim yang baik, tim yang benar-benar sangat baik, tim yang bersaing di liga ini, Anda harus memiliki ketenangan," kata pelatih Portland Trail Blazers, Chauncey Billups. "Ketenangan kami sangat baik untuk sebagian besar pertandingan, tetapi ketika itu benar-benar sangat penting, kami sedikit hilang fokus."

Jerami Grant memimpin Portland Trail Blazers dengan 22 poin, dan Malcolm Brogdon mencetak 18 poin dan 12 assist.

Sebuah pelanggaran shot-clock memungkinkan Milwaukee Bucks untuk mendapatkan bola dalam situasi skor imbang dengan 39,3 detik tersisa. Lillard gagal melakukan lemparan tiga angka dan Bobby Portis tidak dapat melakukan putback, namun Antetokounmpo berhasil memasukkan bola.

"Dia salah satu pemain terhebat yang pernah memainkan olahraga ini, dan dia menunjukkannya malam ini," kata pelatih Milwaukee Bucks, Adrian Griffin, tentang Antetokounmpo. "Kami seperti mati di dalam air, mencari, mencoba menemukan momentum. Itu kemenangan yang sulit."

Portland Trail Blazers tampaknya memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan ketika Antetokounmpo disemprit untuk pelanggaran keenamnya terhadap Brogdon dengan 14,6 detik tersisa. Griffin menentang keputusan tersebut, dan pelanggaran tersebut dibatalkan setelah tayangan ulang.

Pembatalan tersebut berujung pada jumpball antara Brook Lopez dari Milwaukee dan Deandre Ayton dari Portland. Bola berakhir di tangan Lillard, yang melakukan dua lemparan bebas.

Setelah Shaedon Sharpe dari Portland gagal dalam percobaan lemparan tiga angka, Lillard melakukan dua lemparan bebas lagi untuk menutup skor.

Sharpe mencetak 17 poin untuk Trail Blazers, dan Ayton mencetak 14 poin dan 13 rebound. Rookie Scoot Henderson mencetak 13 poin yang merupakan perolehan angka tertinggi dalam kariernya.

Milwaukee bermain tanpa Khris Middleton karena mengalami tendinitis pada Achilles kirinya.

"Belum ada jadwal (kembali bermain)," kata Griffin. "Hanya dipantau dari hari ke hari. Kita lihat saja bagaimana ia merespon pengobatannya. Saya pikir semuanya menjanjikan."

Untuk pertandingan selanjutnya, Portland Trail Blazers (4-12, 2-7 TANDANG) berkunjung ke kandang Indiana Pacers pada Senin (27/11) malam, sementara Milwaukee Bucks (12-5, 4-4 TANDANG) bertamu ke kandang Miami Heat pada Selasa (28/11) malam dalam pertandingan turnamen "in-season".

Artikel Tag: Portland Trail Blazers, Milwaukee Bucks

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru