Kanal

Gagal di Piala Asia 2023, Jurgen Klinsmann Dinilai Layak Dipecat Korsel

Penulis: Depe Ptr
15 Feb 2024, 16:50 WIB

Jurgen Klinsmann via Gettyimages

Berita Sepak Bola: Setelah gagal di Piala Asia 2023, komite penasihat Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) merekomendasikan pemecatan pelatih kepala Jurgen Klinsmann pada Kamis (15/02) setelah mereka tersingkir di semifinal dan di tengah kritik terhadap kepemimpinannya.

Komite Tim Nasional tidak membuat keputusan administratif, sehingga menyerahkan kepada Dewan Eksekutif KFA apakah akan bertindak berdasarkan rekomendasinya untuk memecat Klinsmann, yang kontraknya berjalan hingga Piala Dunia 2026.

Korea Selatan, peringkat 23 dalam ranking FIFA, dikalahkan oleh peringkat 87 yakni Yordania dengan skor 2-0 di semifinal Piala Asia 2023 awal bulan ini, membuat para penggemar dan beberapa politisi menyerukan pemecatan pria berusia 59 tahun itu.

Popularitas pelatih asal Jerman ini di Korea anjlok selama turnamen berlangsung, banyak yang mengkritik sikapnya, setelah tersenyum bahkan ketika keadaan tidak berjalan sesuai keinginan timnya di lapangan.

Di luar lapangan, Klinsmann juga berulang kali mendapat kritik karena lebih sering bekerja dari Los Angeles, tempat tinggalnya saat ini, meski mengatakan ia akan menghabiskan sebagian besar waktunya di Korea Selatan. Dia mengikuti pertemuan melalui video call.

"Karena berbagai alasan, ada kesimpulan bahwa pelatih Jurgen Klinsmann tidak bisa lagi menjalankan kepemimpinan sebagai pelatih tim nasional dan perlu diganti," kata Hwang Bo-Kwan, Direktur Teknik asosiasi tersebut, kepada wartawan usai pertemuan.

Beberapa orang melihat sikap Klinsmann terhadap pekerjaannya termasuk kurangnya waktu yang dihabiskan di Korea Selatan sebagai tindakan yang 'tidak sopan' terhadap publik, Hwang menambahkan.

Artikel Tag: Korea Selatan, Piala Asia 2023, jurgen klinsmann

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru