Kanal

Fakta-Fakta Menarik Sebelum Laga Leverkusen vs Borussia Dortmund

Penulis: Ezi Yulia
02 Des 2023, 07:00 WIB

Borussia Dortmund akan menghadapi Bayer Leverkusen di pekan ke-13 Bundesliga (Foto: bvb.de)

Berita Liga Jerman: Borussia Dortmund akan bertandang ke BayArena pada Minggu (3/12) untuk menghadapi Bayer Leverkusen di pekan ke-13 Bundesliga.

Borussia Dortmund, yang saat ini berada di peringkat keempat klasemen, tertinggal sepuluh poin dari Bayer Leverkusen yang menduduki puncak klasemen. Pertandingan di Rhine pada Minggu akan menjadi pertemuan ke-45 antara kedua klub di Bundesliga.

Berikut fakta-fakta terkait pertemuan kedua tim, disadur dari laman Borussia Dortmund:

  • BVB memenangkan empat dari lima pertemuan terakhir.
  • Dortmund adalah satu-satunya tim yang gagal dibobol oleh Leverkusen pada musim lalu.
  • The Werkself hanya menderita lebih banyak kekalahan di Bundesliga (52) dan kemasukan lebih banyak gol (173) saat menghadapi Bayern Munich daripada saat menghadapi Dortmund (36 kekalahan dan 145 kebobolan).
  • Die Borussen telah memenangkan tujuh dari 15 pertandingan tandang terakhir mereka di Leverkusen.
  • BVB paling sering bangkit dari ketertinggalan 1-0 di laga tandang untuk akhirnya memenangkan laga saat melawan Leverkusen, yaitu empat kali.

Berikut fakta-fakta terkait Bayer Leverkusen:

  • Sebelas kemenangan dan satu hasil imbang setelah 12 pertandingan merupakan rekor bersama Bundesliga; hanya Bayern yang pernah mencatatkan hal tersebut pada musim 2015/16. Pertandingan ke-11 yang dimenangkan oleh The Werkself musim lalu terjadi pada pekan ke-25.
  • Enam kemenangan kandang beruntun merupakan rekor kandang terbaik mereka dalam tujuh tahun terakhir. Kekalahan kandang terakhir mereka adalah melawan Koln dengan skor 1-2 pada 5 Mei.
  • Leverkusen telah memenangkan masing-masing dari 11 pertandingan terakhir di mana mereka membuka skor menjadi 1-0.

Berikut fakta-fakta terkait Borussia Dortmund:

  • Die Borussen hanya kalah satu kali dalam delapan pertandingan tandang terakhir mereka (yang terakhir di Stuttgart).
  • Kemenangan 4-2 atas Gladbach merupakan laga ketiga musim ini di mana BVB bangkit dari ketertinggalan untuk meraih kemenangan (dan tertinggi di Bundesliga). Secara keseluruhan, Dortmund telah meraih poin dari lima pertandingan di mana mereka tertinggal lebih dulu pada musim ini, yang sama banyaknya dengan keseluruhan musim lalu.

Artikel Tag: Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru