Kanal

Dampak Virus Corona, BWF Tegaskan Tak Ada Perpanjangan Kualifikasi Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
29 Feb 2020, 08:00 WIB

Dampak Virus Corona/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) mengumumkan pada Jumat (28/2) bahwa pihaknya tidak akan melakukan penyesuaian apapun pada periode kualifikasi Olimpiade, meskipun ada sejumlah peristiwa yang terkena dampak oleh virus corona menjelang Olimpiade Tokyo, yang akan dimulai pada bulan Juli.

Penyakit yang bermula di Wuhan, China ini telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang dan menewaskan hampir 2.800 orang, dan telah menyebar ke sekitar 50 negara di seluruh dunia dan wilayah di luar China daratan.

"Sangat disayangkan bahwa beberapa turnamen telah ditunda atau dibatalkan dan BWF menghargai bahwa turnamen ini telah menjadi bagian dari rencana pemain untuk mencari poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dan turnamen lain di mana kualifikasi diperlukan," kata BWF dalam pernyataan resminya.

"Setiap perubahan pada aturan kualifikasi Olimpiade yang ada akan memengaruhi pemain yang berbeda baik secara positif atau negatif, dan dengan tingkat penundaan dan pembatalan saat ini, BWF tidak percaya bahwa membuat perubahan itu tepat."

"Penundaan atau pembatalan turnamen tidak berada dalam kendali tuan rumah, BWF atau komunitas bulu tangkis, tetapi disebabkan oleh perkembangan yang berkelanjutan sebagai akibat COVID-19 di berbagai wilayah di dunia dan keputusan akan diambil berdasarkan informasi yang diberikan oleh otoritas kesehatan pemerintah setempat," ungkapnya.

Kualifikasi Olimpiade bulu tangkis yang dijadwalkan di Vietnam Open pada 24-29 Maret ditunda hingga Juni karena "pembatasan perlindungan kesehatan yang ketat diberlakukan di Vietnam".

Wabah ini juga menyebabkan penundaan turnamen bulu tangkis China Masters, dengan turnamen itu juga merupakan periode kualifikasi Olimpiade.

German Open 2020, yang akan diadakan di Muelheim an der Ruhr pada 3-8 Maret juga dibatalkan sementara Polandia Open 2020, yang dijadwalkan akan diadakan di Krakow pada 26-29 Maret ditunda dan dijadwal ulang di luar periode kualifikasi Olimpiade.

Artikel Tag: Virus Corona, BWF, olimpiade tokyo 2020

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru