Kanal

Bersiap Awali Latihan, Persib Akan Lakukan Tes Covid-19

Penulis: M. Aldi
26 Feb 2021, 20:30 WIB

Esteban Vizcarra ketika diambil sampel swab test tahun lalu

Berita Liga 1 Indonesia : Persib Bandung bersiap berlatih kembali setelah tim dibubarkan November 2020 lalu. Jelang agenda latihan yang akan digelar 1 Maret mendatang, skuat Maung Bandung akan dites covid-19 lebih dulu.

Manajemen Persib akan mengumpulkan pemain, pelatih hingga official tim pada Sabtu (27/2) besok. Pada kesempatan ini, petinggi klub akan memberi penjelasan mengenai target tim untuk tahun 2021 dan kontrak yang berlaku.

Selain itu akan ada tes sebagai syarat wajib klub sebelum menggelar latihan sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu dua tes dengan metode berbeda akan dilakukan. "Agenda tes PCR sekaligus antigen," ungkap Jatnika Sadili, Media Officer Persib saat diwawancara.

Menurut rencana, tim asuhan Robert Rene Alberts akan mulai berlatih pada Senin (1/3) mendatang. Supaya tidak menjadi klaster penyebaran covid-19, maka orang-orang yang terlibat di sesi latihan harus dipastikan bebas virus.

Jatnika menjelaskan kenapa harus menggunakan dua model tes yang berbeda. Antigen dilakukan untuk mengetahui secara cepat kondisi awak tim meski secara hasil kurang akurat. Jika ada yang reaktif, maka akan dilakukan penanganan.

Sedangkan tes PCR diambil untuk mencari hasil yang akurat. Tapi kekurangannya adalah hasil metode tes ini keluarnya butuh waktu agak lama. Diharapkan dengan tes ganda seperti ini, orang yang ternyata positif covid-19 bisa tersaring.

"Jadi 2 kali tes. Antigen untuk hasil cepat dan PCR untuk hasil akuratnya. Ini untuk semua pemain dan official, tes antigen itu supaya bisa mendeteksi lebih awal, kalau ada gejala langsung ditindaklanjuti," jelas Jatnika Sadili.

Nantinya pengambilan sampel dilakukan secara bersamaan. "Di waktu yang sama. Jadi pas pengambilan sampel itu untuk dua tes sekaligus. Teknisnya Pak Dokter (Rafi Ghani) yang lebih tahu," lanjut dia.

Hanya saja kemungkinan besar belum semua pemain mengikuti pertemuan dan tes covid-19 ini. Karena menurutnya banyak pemain dari luar kota dan luar negeri yang belum tiba di Bandung untuk saat ini.

"Sepertinya tidak akan semua, beberapa pemain masih belum sampai Bandung," tutup dia. Sebelumnya dikabarkan Wander Luiz dan Nick Kuipers dipastikan harus absen untuk pekan pertama latihan karena prosedur yang harus ditempuh bagi orang asing yang datang ke Indonesia.

Artikel Tag: Persib, Jatnika Sadili, Covid-19

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru