Kanal

Berita Tinju: Otot Joshua Disebut Tak Akan Membantunya Saat Lawan Wladimir Klitschko

Penulis: Fafa Zahir
24 Mar 2017, 12:15 WIB

Wladimir Klitschko (kiri) dan kakaknya Vitali.

Ligaolahraga - Berita Tinju: Vitali Klitschko yakin adiknya Wladimir Klitschko akan bisa mengatasi Anthony Joshua saat kedua petinju bertemu satu bulan mendatang. Menurutnya, kelebihan fisik yang dimiliki petinju Inggris itu tak akan banyak membantunya.

Joshua, 27 tahun, akan mempertahankan gelar kelas berat IBF melawan Wladimir Klitschko di depan 90.000 penonton di Stadion Wembley, 29 April mendatang. Pertarungan ini juga akan memperebutkan glar juara kelas berat versi WBA dan IBO yang sedang lowong. 

Joshua (18 kali menang dan tak pernah kalah) yang juga peraih emas kelas berat Olimpiade 2012 akan mencoba mempertahankan gelarnya melawan Wladimir Klitschko (64-4). Wladimir adalah mantan pemegang gelar juara kelas berat berbagai versi. Namun secara mengejutkan dikalahkan Tyson Fury pada November 2015.

Banyak yang meyakini bahwa bermodalkan usia yang masih belia dan kemampuan fisiknya, Joshua bisa mengatasi lawannya asal Ukraina, namun Vitali tak sependapat. Menurut kakak Wladimir yang juga pernah menjadi juara tinju dunia itu pengalaman akan membuat adiknya bisa mengalahkan Joshua.

“Banyak orang berpikir otot sangat penting dalam tinju,” kata Vitali Klitschko yang kini menjadi politikus di Ukraina kepada Sky Sports. “Nyatanya tidak seperti itu. Semuanya ada di sini, di kepala,” paparnya lagi.

“Dia (Wladimir) jauh lebih fokus saat ini dibanding beberapa tahun lalu. Saya berharap dia tahu bahwa pertarungan ini akan sangat bergantung dari fokusnya dari konsentrasinya. Itulah sebabnya semua orang memperkirakan ini akan menjadi pertarungan hebat,” imbuhnya.

“Tentu saja kami berharap penampilan bagus dari Wladimir dan tentu saja Wladimir harus menjadi pemenang pada 29 April nanti,” kata Vitali yang lebih tua lima tahun dari adiknya.

“Wladimir lebih punya pengalaman bertarung di arena besar. Dia dulu bertarung di stadion, mendapat tekanan dari penonton, serta jadi pusat perhatian,” kata Vitali yang pernah menyandang sabuk juara kelas berat WBC ini.

“Bagi Joshua ini hal baru tapi ini hal biasa bagi Wladimir,” ungkapnya lagi.

Promotor Joshua, Eddie Hearn dari Matchroom, sangat yakin petinjunya akan keluar sebagai pemenang. “Dalam pertarungannya yang ke-19, Anthony Joshua akan melawan legenda sejati yang ada pada diri Wladimir Klitschko. Bukankah memang seperti ini seharusnya tinju? Bukankah memang seperti ini seharusnya olahraga?” kata Hearn.

“Kami akan menciptakan malam dan momen yang tak akan dilupakan orang, 90.000 orang di stadion terbesar di Inggris. Anthony Joshua punya kecepatan yang menakutkan lawan dan saya yakin pada 29 April akan menjadi mahkota baru dari sensasi dalam olahraga tinju di seluruh dunia, " kata Hearn.

Artikel Tag: Vitali Klitschko, Wladimir Klitschko, Anthony Joshua, Tinju, berita tinju

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru