Kanal

Ashleigh Barty Jatuh Bangun Demi Melangkah Ke Semifinal Di Stuttgart

Penulis: Dian Megane
24 Apr 2021, 09:28 WIB

Ashleigh Barty butuh tiga set untuk menumbangkan Karolina Pliskova di perempatfinal Stuttgart Open 2021

Berita Tenis: Petenis unggulan pertama, Ashleigh Barty selamat dari tepi jurang kekalahan demi melenggang ke semifinal ketiga pada musim ini di Stuttgart Open.

Petenis berkebangsaan Australia memenangkan empat game terakhir demi menumbangkan petenis unggulan keenam, Karolina Pliskova dengan 2-6, 6-1, 7-5.

Pada turnamen clay-court pertama sejak memenangkan gelar French Open musim 2019, petenis peringkat 1 dunia terpaut dua poin lagi dari kekalahan melawan petenis berkebangsaan Ceko, Pliskova yang berpeluang menutup pertandingan pada kedudukan 5-4 di set penentu.

Namun, juara Miami Open musim 2021 memperlihatkan kebangkitan yang luar biasa sehingga kini ia semakin mendominasi head to head melawan juara Stuttgart Open musim 2018 dengan 5-2.

“Pertandingan itu mungkin seperti pertandingan dua set,” aku Barty. “Di set pertama saya tidak mampu membangun tekanan apa pun. Ia melakoni service gamenya dengan terlalu cepat, sehingga ia memiliki kebebasan dalam service game saya.”

“Tetapi bisa membalikkan keadaan dari game pertama set kedua adalah hal yang penting. Laul membuat pertandingannya lebih menitikberatkan pada pertandingan fisik adalah hal yang kami kejar, dan seiring waktu, saya bisa membuat pertandingan berjalan sesuai dengan keinginan saya sebanyak yang saya harapkan.”

Kemenangan tersebut juga memperpanjang daftar kemenangan beruntun petenis berkebangsaan Australia atas petenis peringkat 10 besar menjadi delapan kemenangan. Rekor tersebut dimulai sejak WTA Finals musim 2019 di Shenzhen ketika ia kalah dari Kiki Bertens di babak kedua fase grup sebelum memenangkan turnamen akhir musim tersebut.

“Saya berusaha fokus dengan setiap pertandingan terlepas siapa yang saya hadapi. Tetapi ketika anda melawan petenis peringkat 10 besar, anda harus bisa mencapai level tinggi agar bisa berkompetisi. Mereka memaksa anda mengerahkan kemampuan terbaik,” tambah Barty.

“Melawan petenis peringkat 10 besar, saya telah melakoni banyak pertandingan yang bisa berakhir dengan sebaliknya dan mendapatkan pengalaman berbeda, jadi saya menyukai tantangan yang menguji diri saya dengan melawan petenis terbaik.”

Setelah kedua petenis masing-masing memenangkan dua set pertama, set penentu berlangsung lebih kompetitif dan Pliskova menjadi petenis pertama yang berpeluang untuk menutup pertandingan.

Mendapatkan kesempatan emas tersebut, performa Pliskova malah goyah. Meskipun ia berhasil mengamankan empat peluang break point, ia gagal menciptakan peluang match point. Menghadapi peluang break point kelima, pengembalian forehandnya malah membentur net.

Berhasil menyamakan kedudukan 5-5, Barty merebut kontrol pertandingan dengan merebut 10 dari 12 game terakhir demi membukukan laga semifinal Stuttgart Open melawan petenis unggulan keempat, Elina Svitolina atau petenis unggulan ketujuh, Petra Kvitova.

Artikel Tag: Tenis, Stuttgart Open, Ashleigh barty, Karolina Pliskova

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru