Kanal

Apa Kriiteria dan Syarat Untuk Lolos ke BWF World Tour Finals 2023?

Penulis: Yusuf Efendi
21 Nov 2023, 18:00 WIB

Apriyani Rahayu-Siti Fadia Silva Ramadhanti/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Dalam dunia bulu tangkis yang menegangkan , puncak persaingan tidak diragukan lagi adalah BWF World Tour Finals. Turnamen bergengsi ini mempertemukan para pemain terbaik dari dunia bulu tangkis, menawarkan platform bagi delapan pemain atau pasangan teratas di setiap disiplin ilmu untuk menunjukkan keahlian mereka di panggung global.

Namun, mendapatkan tempat di ajang yang didambakan ini bukanlah hal yang mudah, karena para pemain harus menjalani proses kualifikasi yang ketat yang menambah intensitas ekstra pada olahraga yang sudah kompetitif.

Proses kualifikasi BWF World Tour Finals 2023

Perjalanan menuju Finals BWF Tour dimulai pada titik puncak rangkaian BWF World Tour. Delapan pemain dan pasangan teratas di setiap kategori dalam Peringkat BWF World Tour akan diundang untuk berkompetisi, dengan maksimal dua pemain atau pasangan per Asosiasi Anggota yang memenuhi syarat.

Hanya 14 hasil terbaik dari turnamen BWF World Tour sepanjang tahun yang akan diperhitungkan dalam Peringkat BWF World Tour, dan dari 14 hasil terbaik, maksimal tiga hasil dari turnamen Super 100 yang akan dihitung.

Sebelum menerapkan aturan proses kualifikasi, juara dunia di setiap kategori diberikan hak masuk langsung ke kompetisi. Jadi, hanya tujuh dari delapan tempat yang secara matematis tersedia bagi para pemain.

Daftar final atlet yang lolos ke HSBC BWF World Tour Finals 2023 akan dikonfirmasi setelah China Masters 2023 (21-26 November).

Setelah terpilih untuk berpartisipasi dalam BWF World Tour Finals, para pemain menghadapi langkah penting yakni mengonfirmasi partisipasi mereka secara tertulis kepada BWF dengan batas waktu yang ditentukan.

Hal ini memastikan kejelasan dalam daftar dan memungkinkan pengorganisasian acara dengan lancar. Jika terjadi cedera atau penyakit yang menghalangi pemain terpilih untuk berpartisipasi, BWF mempunyai ketentuan untuk menggantinya dengan pemain cadangan. Tindakan darurat ini memastikan bahwa turnamen ini tetap kompetitif dan menampilkan talenta terbaik yang ada.

BWF World Tour Finals merupakan bukti dedikasi, keterampilan, dan tekad para pemain bulutangkis top dunia. Kriteria kualifikasi bertindak sebagai filter yang ketat namun adil, memastikan bahwa mereka yang tampil di lapangan tidak hanya berada di puncak olahraga mereka tetapi juga mewujudkan nilai-nilai keunggulan dan sportivitas.

Ketika dunia bulu tangkis menantikan edisi berikutnya dari ajang termasyhur ini, proses kualifikasi tetap menjadi babak menarik dalam kisah supremasi bulutangkis global yang sedang berlangsung.

Artikel Tag: BWF, BWF World Tour Finals 2023, Anthony Sinisuka Ginting, apriyani rahayu

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru