Kanal

Anthony Joshua Beberkan Rencana untuk Pensiun

Penulis: Senja Hanan
09 Jan 2021, 22:15 WIB

Petinju kelas berat, Anthony Joshua. (Images: Getty)

Berita Tinju: Penguasa kelas berat, Anthony Joshua mengatakan tidak memiliki rencana untuk bermain hingga lebih dari usia 40 tahun. Dia pun sudah ancang-ancang untuk gantung sarung tinju.

Joshua menghitung waktu tersebut berdasarkan siklus olimpiade. Memulai karier profesional setelah merebut medali emas kelas berat super Olimpiade London 2012, Joshua merencanakan Olimpiade 2024 yang akan berlangsung di Paris, Prancis, akan menjadi periode akhir dalam kariernya.

“Lima tahun tersisa dan itu didasari dengan siklus olimpiade. Saya punya satu siklus olimpiade dan sedikit lagi yang tersisa, jadi ketika Anda melihat olimpiade berikut terlaksana itu ketika saya memasuki akhir karier saya dan generasi berikut yang bakal datang,” ucap Joshua sebagaimana dipetik dari Boxing Scene.

Hal ini disampaikan Joshua di tengah spekulasi pertarungan terbesar sepanjang kariernya menghadapi juara dunia tinju kelas berat WBC, Tyson Fury. Promotor Joshua dan Fury saat ini dikabarkan sedang bekerja untuk merampungkan pertarungan memperebutkan seluruh gelar yang tersedia di planet bumi.

Anthony Joshua mempertahankan empat gelarnya, IBO, IBF, WBA, dan WBO menghadapi penantang asal Bulgaria, Kubrat Pulev, di London, Inggris, 12 Desember lalu. Kemenangan itu membuka kemungkinan menghadapi Fury sebagai pemegang satu gelar tersisa.

Publik Inggris adalah yang paling berkepentingan terhadap pertarungan ini. Mereka berharap Joshua dan Fury bertemu di atas ring sebagai sesama petinju Inggris untuk mencari satu petinju juara kelas berat sejati yang akan memiliki lima gelar sekaligus.

“Ini bukan awal karier saya. Saya menuju akhir karier saya,” kata Joshua.

“Saya bukan seseorang yang hidup di waktu ini dan berpikir bahwa semuanya akan tetap seperti saat ini. Saya selalu menyusun rencana di depan dan saya bergerak ke akhir karier saya.”

Kelas berat ditandai dengan banyak petinju yang masih aktif di usia bahkan melewati 40 tahun. Muhammad Ali melakoni laga terakhirnya menjelang usia 40 tahun sementara Evander Holyfield bahkan masih mengayunkan sarung tinju sampai usia mendekati 49 tahun.

Joshua sendiri, jika ia benar-benar melakukan apa yang direncanakannya dengan pensiun lima tahun mendatang, maka ia akan berada di usia 37 tahun

Artikel Tag: Anthony Joshua, Tinju

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru