Kanal

Anderson Silva Pensiun dari UFC dengan Title Legenda

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
02 Nov 2020, 19:00 WIB

Anderson Silva via AFP

Berita Beladiri : Anderson Silva resmi mengakhiri karir UFC, usai memutuskan pensiun, namun ia pensiun dengan title Legenda.

Status legenda tersebut, datang dari lawan yang mengalahkan Silva di laga terakhirnya, Uriah Hall, di UFC Fight Night, Minggu (1/11). Bagi Hall, petarung senior itu, tetap salah satu yang terbaik.

"Terima kasih. Kamu adalah alasan mengapa saya melakukan ini. Kamu masih salah satu yang terbaik. Saya menyangimu. Saya mohon maaf," ucap Hall usai pertarungan dikutip dari cnnindonesia.com.

Silva adalah salah satu senior dalam dunia beladiri. Karirnya sebagai petarung profesional dimulai tahun 1997, pada arena mixed martial arts (MMA). Setelah tampil lebih dari lima ajang MMA dan memiliki rekor menang 17 kali dan kalah empat kali, petarung asal Brasil itu kemudian tampil di UFC pada 2005.

Pada pertandingan Silva yang kedua di UFC, ia meraih sabuk juara kelas menengah usai menumbangkan Rich Franklin. Dia juga selalu berhasil mempertahankan gelar dalam 10 duel, dari tahun 2006 hingga 2012.

Namun tahun 2013, Silva menderita kekalahan perdana yang menurunkan pamornya. Pria dengan julukan The Spider itu dipukul KO oleh Chris Weidman. Usai pertandingan tersebut, ia hanya sekali menang dari delapan pertarungan.

Walaupun menderita total kekalahan sebanyak 11 kali, Silva telah 'mewarnai' dunia pertarungan MMA dengan ciri khas yang dimilikinya.

Kemampuan beladiri Muay Thai, tinju, dan taekwondo membuatnya sebagai sosok yang dominan dalam pertarungan. Ia juga memiliki akurasi serangan, tenaga, dan serangan balik sebagai 'senjata utama' dalam arena pertarungan.

Banyak pihak yang menaruk respek dan menobatkan Anderson Silva sebagai petarung terbaik dalam sejarah MMA.

Meski diakui sebagai petarung stand fighting terbaik, Silva juga bisa menaklukan petarung-petarung yang memiliki basic ilmu ground fighting selama berkarir di UFC.

Anderson Silva, mengakhiri karir di umur 45 tahun dengan rekor 35 kali naik ring, menang 34 kali, 11 kali kalah, dan sekali no contest.

Artikel Tag: Anderson Silva, UFC, Uriah Hall, Retired

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru