Kanal

Afrika Selatan Lengkapi Formasi 32 Tim Piala Thomas & Uber 2024

Penulis: Yusuf Efendi
27 Feb 2024, 19:00 WIB

Tim Uber Afrika Selatan/[Foto:BWF]

Berita Badminton : Formasi lengkap 32 tim yang akan bertarung di kejuaraan TotalEnergies BWF Piala Thomas & Uber 2024 kini telah dikonfirmasi.

Menyusul lima kejuaraan kontinental baru-baru ini yang berfungsi sebagai ajang kualifikasi, 32 pertandingan kualifikasi masing-masing 16 di Piala Thomas dan Piala Uber telah dilaksanakan.

Kejuaraan Piala Thomas & Uber 2024 berlangsung pada 27 April hingga 5 Mei di Chengdu, China .

Sementara tuan rumah (China) dan juara bertahan (India di Piala Thomas dan Korea di Piala Uber) lolos otomatis, tim kualifikasi lainnya menilai kinerja mereka di kejuaraan kontinental dan Peringkat Dunia mereka.

Peringkat masing-masing tim adalah jumlah poin Peringkat Dunia dari tiga pemain tunggal teratas dan dua pasangan ganda teratas, per 20 Februari 2024.

Empat semifinalis kejuaraan kontinental Asia dan Eropa serta juara Pan Am, Oseania dan Afrika lolos, sedangkan 16 tempat sisanya ditentukan oleh Peringkat Dunia.

Jika pemegang trofi dan/atau tuan rumah mengambil bagian dan menempati posisi kualifikasi di turnamen kualifikasi kontinental masing-masing, satu atau dua tim dengan peringkat tertinggi berikutnya dari Peringkat Dunia dari benua yang sama juga akan lolos.

Oleh karena itu, Indonesia lolos ke Piala Thomas dari Asia meski tidak lolos ke semifinal babak kualifikasi, karena China telah mengamankan tempat sebagai tuan rumah kualifikasi.

Kualifikasi Piala Thomas

Tuan rumah (juga juara kontinental) China, juara bertahan India, juara Eropa Denmark, juara Pan Am Kanada, juara Afrika Aljazair, dan juara Oseania Australia lolos.

Tiga semifinalis dari Asia dan Eropa (selain juara) yang mengamankan tempatnya adalah Malaysia, Jepang dan Korea dari Asia dan Perancis, Inggris dan Jerman dari Eropa. Indonesia menempati posisi keempat kualifikasi dari Asia karena China lolos sebagai tuan rumah. Tiga sisanya yang lolos berdasarkan Peringkat Dunia adalah Taiwan, Thailand, dan Hong Kong.

Kualifikasi Piala Uber

Tuan rumah China, juara bertahan Korea, juara Asia India, juara Eropa Denmark, juara Pan Am Kanada, juara Oseania Australia, dan juara Afrika Afrika Selatan.

Tiga semifinalis lainnya dari Asia (Thailand, Indonesia, Jepang) dan Eropa (Spanyol, Prancis, Skotlandia) pun mengamankan tempatnya. Tiga tempat tersisa berdasarkan Peringkat Dunia diraih oleh Tiongkok Taipei, AS, dan Malaysia.

Artikel Tag: Piala Thomas 2024, Piala Uber 2024, BWF, China, Indonesia

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru