Oleksandr Usyk Miliki Sesuatu Yang Tidak Bisa Disentuh Tyson Fury

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 15 Mei 2024, 11:46 WIB
Oleksandr Usyk merebut medali emas di Olimpiade London 2012. (Foto: Ring TV)

Oleksandr Usyk merebut medali emas di Olimpiade London 2012. (Foto: Ring TV)

Ligaolahraga.com -

Juara kelas berat versi WBA, WBO, IBF dan Majalah Ring, Oleksandr Usyk mengatakan bahwa terlepas dari hasil pertarungannya melawan pemegang gelar WBC, Tyson Fury, di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, hari Sabtu (18/5), ia akan selalu memiliki sesuatu yang tidak dimiliki lawannya.

Sebuah medali emas Olimpiade.

Petinju kidal asal Ukraina berusia 37 tahun ini, yang sebelumnya memegang gelar juara sejati di kelas penjelajah sebelum naik kelas, mengatakan bahwa tidak ada pencapaian dalam karirnya yang dapat mengalahkan medali emas yang ia raih pada Olimpiade 2012 di London dalam divisi kelas berat 91 kg.

"Medali emas saya akan selalu lebih baik daripada yang tak terbantahkan," kata Oleksandr Usyk. "Semua orang yang berolahraga - olahraga apa pun: tinju, judo, karate - mereka semua memimpikan Olimpiade.

"Saya mengenal orang-orang yang memiliki tiga medali kejuaraan dunia namun tidak pernah meraih emas Olimpiade - hanya perunggu

"Saya mengikuti dua Olimpiade dan hanya mendapatkan satu medali. Butuh waktu empat tahun - lawan terakhir saya [Clemente] Russo telah mengikuti empat Olimpiade, masih belum mendapatkan medali emas, dalam 16 tahun.

"Olimpiade membutuhkan waktu empat tahun, namun sabuk gelar juara dunia itu mudah - Anda bisa mendapatkannya dalam enam bulan, atau setahun. Tetapi tinju profesional adalah bisnis bagi sebagian orang.

"Bagi saya ini adalah olahraga, tetapi bagi banyak orang ini adalah bisnis, ini adalah uang, sabuk, ketenaran. Bagi saya, pertama-tama, ini adalah olahraga."

Kemarin, terjadi keributan di hotel saat tim Fury dan Oleksandr Usyk saling bertemu. Ayah Fury, John, mengambil keputusan untuk menghampiri teman muda Usyk, Stanislav Stepchuk, dan meneriakinya sebelum melancarkan serangan ke arah kepala yang membuat atlet berusia 59 tahun itu meretakkan kepalanya sendiri dan pergi dengan darah mengalir di wajahnya.

Seperti biasa, Oleksandr Usyk tidak terpengaruh.

"Bagi saya itu tidak masalah, itu hanya perilaku buruk dari tim Tyson," kata Oleksandr Usyk. "Kami adalah atlet profesional, bukan petarung jalanan dan ini adalah acara besar bagi masyarakat kami di Inggris dan Ukraina. Jika mereka ingin mengacaukan tim saya, itu tidak mungkin karena saya tidak hanya memiliki pelatih dan pelatih profesional, saya juga memiliki tentara profesional.

"Tim saya sangat bagus dalam hal keinginan untuk bertarung - bukan tinju tetapi pertarungan jalanan. Namun saya berkata: 'Hei, teman-teman, mundur. Kami harus bersikap dengan baik. Tentu saja mengecewakan bahwa hal itu terjadi di ajang seperti ini, karena ini adalah tentang kedisiplinan.

"Saya tidak kecewa dengan tim saya, mereka kecewa karena saya menarik mereka kembali dan menghentikan mereka untuk bertarung.

"Mereka melihat ke arah saya, menunggu aba-aba untuk maju. Mereka menunggu acungan jempol, tetapi saya memberikan jempol ke bawah. 'Mundur, mundur,' kata saya. Dan mereka tidak senang. Situasi itu tidak masalah bagi saya, itu hanya menjadi motivasi lebih bagi tim saya."

Jika menang, Fury mengatakan bahwa ia akan menghadiahkan seluruh sabuk kejuaraan kepada Turki Alalshikh, ketua Otoritas Hiburan Umum yang telah menyelenggarakan pertarungan ini dengan biaya yang sangat besar.

Oleksandr Usyk memiliki ide lain.

"Saya akan membawa mereka kembali ke rumah," kata Usyk. "Saya memiliki empat sabuk emas untuk empat anak saya; dua untuk anak laki-laki dan dua untuk anak perempuan saya; masing-masing satu.

"Kedua anak laki-laki saya datang ke sasana [di dekat Valencia, Spanyol] setelah salah satu sesi saya, karena keluarga saya tinggal di dekat sana. Anak-anak saya datang ke sasana dan memberi saya semangat dan motivasi.

"Sebelum saya memiliki anak laki-laki, saat saya masih muda, saya tahu saat saya memiliki anak laki-laki, mereka dapat membantu saya mengambilkan air dan mengambilkan pelindung mulut dan berkata, 'Hei, ayolah ayah, kamu bisa'."

Artikel Tag: oleksandr usyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/oleksandr-usyk-miliki-sesuatu-yang-tidak-bisa-disentuh-tyson-fury
525  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini