Menang Angka atas Danny Garcia, Shawn Porter Sabet Gelar WBC

Penulis: Fafa Zahir
Minggu 09 Sep 2018, 20:15 WIB
Menang Angka atas Danny Garcia, Shawn Porter Sabet Gelar WBC

Shawn Porter (kiri) dan Danny Garcia/LA Times

Ligaolahraga.com -

Berita Tinju: Shawn Porter akhirnya menyandang gelar juara dunia kelas welter WBC setelah menundukkan Danny Garcia, Sabtu (8/9), di Barclays Center, Brooklyn, Amerika Serikat.

Dua tahun setelah kalah angka oleh Keith Thurman dalam laga memperebutkan gelar juara kelas welter WBA, Porter tampil mengesankan dan menyabet gelar juara kelas 147 pound. Porter mengalahkan Danny Garcia dengan kemenangan angka telak dalam pertarungan 12 ronde yang ketat.

Juri Don Ackerman memberi nilai 116-112, Julie Lederman (115-113), dan Eric Marlinski (115-113) semuanya untuk keunggulan Porter.

“Saya selalu katakan kepada semua orang bahwa saya tak pernah membuat prediksi,” kata Porter. “Saya membuat prediksi maka saya akan menjalani laga yang berat. Saya sudah katakan bahwa saya tak akan meninggalkan New York tanpa sabuk ini dan saya membuktikannya.”

Berkat kemenangan ini, Porter yang kini berusia 30 tahun sekarang memiliki rekor 29 menang (17 KO) dua kali kalah dan sekali seri.

Petinju yang tumbuh di Akron Ohio tersebut berarti telah du kali menyabet gelar juara dunia kelas welter. Sebelumnya dia pernah menjadi juara dunia di kelas yang sama namun dalam versi badan tinju IBF.

Dia menyandang gelar juara kelas welter IBF namun hanya delapan bulan karena pada Agustus 2014 kalah angka melawan Kell Brook.

Bagi Garcia (35-2, 20 KO) ini merupakan kekalahan keduanya di kejuaraan kelas welter di Barclays Center dalam 18 bulan terakhir. Pada Maret 2017, dia kalah angka tipis oleh Keith Thurman dalam laga unifikasi pada Maret 2017. Akibat kekalahan itu, dia harus menyerahkan gelar juara WBA yang disandangnya saat itu.

“Saya pikir saya sudah bekerja cukup keras untuk menang,” kata Garcia. “Ini pertarungan yang ketat. Namun juri tak memberikan nilai untuk saya. Apa yang bisa saya katakan,” ungkap petinju berkebangsaan Amerika Serikat.

Garcia yang kini berusia 30 tahun mengaku beberapa benturan kepala dengan Porter ikut brpengaruh kepada performanya. Namun dia tak menjadikan itu sebagai alasan kekalahannya.

“Saya beberapa kali mengalami benturan di kepala ditambah dua kali tandukan ke hidung saya,” kata Garcia. “Ini memang harus seperti ini. Inilah tinju,” paparnya.

CompuBox juga menunjukkan Porter lebih unggul. Sebanyak 180 dari 742 pukulan yang dilontarkannya mengenai sasaran, atau 12 lebih banyak dibanding Garcia (168-of-472).

Artikel Tag: shawn porter, Danny Garcia, Tinju kelas welter, WBC, berita tinju

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/menang-angka-atas-danny-garcia-shawn-porter-sabet-gelar-wbc
7877  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini