Jack Catterall Kalahkan Jorge Linares Melalui Keputusan Angka Mutlak

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 22 Okt 2023, 06:35 WIB
Jack Catterall (kiri) sempat mengejutkan Jorge Linares pada ronde ke-5 dengan sebuah pukulan kiri yang memaksanya meraih tali ring. (Foto: Matchroom)

Jack Catterall (kiri) sempat mengejutkan Jorge Linares pada ronde ke-5 dengan sebuah pukulan kiri yang memaksanya meraih tali ring. (Foto: Matchroom)

Ligaolahraga.com -

Jack Catterall mengalahkan Jorge Linares melalui keputusan angka mutlak pada hari Sabtu (21/10) di Liverpool, Inggris, dalam laga 12 ronde di kelas welter junior.

Catterall yang berasal dari Inggris menang dengan skor 117-111, 116-112 dan 116-112. Ia tidak memiliki gelar apapun, namun merupakan petinju No. 1 di ESPN dengan berat badan 140 pound, setelah kalah angka dari Josh Taylor dalam perebutan gelar juara sejati tahun lalu.

Jack Catterall (28-1, 13 KO) mengejutkan Linares pada ronde ke-5 dengan sebuah pukulan kiri yang memaksanya untuk meraih tali ring. Catterall nampak melukainya beberapa kali dalam laga ini, namun Linares tidak pernah terancam dihentikan setelah ia terkena TKO dalam dua laga sebelumnya.

"Saat saya berhasil menangkapnya, saya mungkin seharusnya menyerang lebih banyak," kata Catterall, yang mengakhiri masa istirahatnya selama 15 bulan dengan kemenangan angka atas Darragh Foley pada bulan Mei lalu. "Bertarung 12 ronde dengan Jorge ini akan menempatkan saya dalam kondisi yang baik untuk menghadapi laga-laga besar. ... Saya melakukan apa yang ingin saya lakukan. ... Taylor, di mana kau? Mari kita lakukan."

Pertarungan tersebut tetap menjadi pertarungan terbesar bagi Jack Catterall, meskipun Taylor tidak lagi menjadi juara setelah ia dikalahkan oleh Teofimo Lopez pada Juni lalu.

Eddie Hearn, promotor Catterall, mengatakan bahwa ia akan menghubungi promotor Taylor, Top Rank, untuk memulai pembicaraan mengenai pertandingan ulang pada awal tahun 2024. Taylor berencana untuk bertarung di kelas 147 pound; Hearn mengatakan bahwa mereka terbuka untuk sebuah laga "catchweight".

"Ini adalah masalah pribadi," kata Catterall, yang sejatinya akan bertarung melawan Taylor pada bulan Maret lalu sebelum Taylor mengalami cedera kaki. "Ia telah mengatakan beberapa hal buruk selama 18 bulan terakhir dan saya pikir kami memiliki urusan untuk diselesaikan.

"Saya akan membutuhkan seorang Josh Taylor, Devin Haney, Regis Prograis untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri saya dan membawa semangat itu."

Jack Catterall bertinju dengan indah melawan Linares untuk mengamankan kemenangan terbesar dalam kariernya. Linares, 38 tahun, sebenarnya tampil dengan baik, namun tidak dapat menandingi gaya bertinju kidal yang apik dari Catterall.

Jack Catterall, 30 tahun, mengukur jarak dengan Linares melalui pukulan jab-nya dan sering kali membuatnya membayar dengan pukulan kirinya. Linares (47-9, 29 KO) sesekali menunjukkan kemampuan atletis yang membuatnya menjadi juara di tiga kelas, namun lebih sering meleset dengan pukulan kanannya.

Linares mengalami luka di mata kirinya pada ronde kedua setelah beradu kepala. Dan matanya bengkak setelah laga itu. Tidak jelas apakah ia akan melanjutkan kariernya setelah empat kekalahan beruntun. Petinju Venezuela ini terhenti dalam dua laga sebelumnya, keduanya di Rusia, yang diawali dengan kekalahan angka dari Haney.

"Kalah dari pria ini, saya merasa luar biasa; saya merasa senang," kata Linares. "Ia (Catterall) adalah petarung yang luar biasa... Saya tidak perlu bertarung lagi. Saya sangat senang dengan laga ini."

Pengaturan waktu dan kemampuan Catterall untuk keluar dari posisi bertahan terlalu sulit untuk dihadapi Linares dan kemungkinan besar akan sulit untuk dihadapi oleh para juara dengan berat badan 140 pound. Catterall memasuki ring dengan angka taruhan 8-1 dan kini berharap untuk kembali merebut gelar tahun depan, jika bukan untuk membalas dendam.

"Setiap petarung ingin memenangkan gelar juara dunia, namun setiap petarung menginginkan pertarungan dengan persiapan itu," kata Hearn, yang juga menyebut pemenang Haney-Prograis pada 9 Desember sebagai sebuah kemungkinan. "Tidak akan ada rasa hormat saat melawan Josh Taylor. Ini adalah laga yang ingin dilihat semua orang."

Artikel Tag: Jack Catterall

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/jack-catterall-kalahkan-jorge-linares-melalui-keputusan-angka-mutlak
1137  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini