Hanya 2 Ronde, Tyson Fury Menang TKO Atas Tom Schwarz

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 16 Jun 2019, 15:07 WIB
Hanya 2 Ronde, Tyson Fury Menang TKO Atas Tom Schwarz

Tyson Fury (kanan) masih terlalu kuat buat Tom Schwarz

Berita Tinju: Tyson Fury mempertahankan gelar lineal kelas berat pada Sabtu (15/6) malam waktu setempat. Bertarung di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, petinju Inggris bertubuh besar itu dengan mudah mengalahkan Tom Schwarz dengan kemenangan TKO di ronde kedua.

Diiringi lagu milik James Brown, "Living in America", yang juga soundtrack film “Rocky IV”, Fury memasuki ring dengan pakaian dan topi tinggi warna merah, putih dan biru ala Apollo Creed, salah satu tokoh dari film Rocky. Sekitar 9 ribu penonton di MGM pun bersorak menyambutnya.

Fury pun tidak mengecewakan menghadapi Schwarz, petinju Jerman yang sangat tak diunggulkan. Di ronde pertama, Fury langsung bertarung dengan tempo tinggi, mengeluarkan pukulan jab, kombinasi dan bahkan pukulan ke tubuh. Sementara Schwarz kesulitan mencari celah sasaran dari lawannya yang lebih besar.

Lebih tinggi 10 cm daripada Schwarz, Fury bertarung dengan bobot tubuh lebih berat 3 kg daripada partai terakhirnya versus Deontay Wilder pada Desember lalu. Toh, petinju 30 tahun asal Inggris itu masih bisa bergerak lincah menghadapi lawannya yang lebih muda enam tahun.

Di ronde kedua, Fury mengubah gaya bertinjunya menjadi kidal. Satu pukulan uppercut sempat mengangetkan Schwarz. Setelah itu, Fury – yang dijuluki “The Gypsy King” – mulai mendominasi. Pukulan kirinya membuat hidung Schwarz mengeluarkan darah.

Tidak lama kemudian, Fury melontarkan pukulan kiri keras yang menumbangkan Schwarz ke kanvas. Meski sanggup berdiri lagi dan mengalahkan hitungan wasit, kekalahan Schwarz seperti tinggal menunggu waktu. Fury pun tidak memberikan kesempatan dan langsung menghujaninya dengan pukulan di sudut ring.

Melihat petinjunya tidak berdaya, kubu Schwarz melemparkan handuk putih sebagai tanda menyerah. Namun wasit Kenny Bayless tidak melihatnya karena menghadap ke arah kedua petinju. Toh dia langsung menyela serangan bertubu-tubi Fury dan menghentikan pertarungan di 2 menit dan 54 detik.

Menurut statistik pukulan CompuBox, Fury mendaratkan 45 dari 158 pukulan yang dilontarkannya (29 persen), sedangkan Schwarz hanya mendaratkan 6 dari 30 pukulan (20 persen). Fury kini mengukir rekor 29 menang dan sekali seri (20 KO), sementara Schwarz kalah pertama kali dalam 25 duel profesionalnya.

Kemenangan Fury ini disambut baik oleh presiden Top Rank, Bob Arum, yang mempromotori duel Fury pertamanya. “Ini salah satu pertunjukan terhebat yang pernah saya saksikan. Dia seorang entertainer. Dia sangat unik,” katanya. “Saya sudah lama tidak melihat petinju sekharismatik dirinya sejak Muhammad Ali.”

Setelah 31 bulan berjuang melawan ketergantungan narkoba dan alkohol, Fury melakukan “comeback” impresif untuk mendapatkan kembali tiga gelar juara dan lineal yang direbutnya dari Wladimir Klitschko pada 2015. Berat tubuhnya naik tidak terkendali dan kesehatan mentalnya bermasalah sampai ingin bunuh diri.

Namun, Juli tahun lalu, dia kembali naik ring, mengalahkan Sefer Seferi di ronde empat dan menang angka atas Francesco Pianeta, sebelum menuai hasil seri kontroversial versus Wilder. Rematch menghadapi juara WBC itu kemungkinan digelar pada kuartal pertama tahun 2020.

Fury sendiri direncanakan masih akan bertarung satu kali lagi tahun ini, antara 21 September atau 5 Oktober, kemungkinan di New York. Sementara musim gugur ini, Wilder bakal mempertahankan gelarnya menghadapi Luis "King Kong" Ortiz, yang pernah dia kalahkan dalam duel kontroversial pada 2018.

Artikel Tag: Tyson Fury, Tom Schwarz, Deontay Wilder

1199  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini