Berita Tinju: Tyson Fury Lepas Gelar WBO dan WBA Miliknya Secara Sukarela

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 13 Okt 2016, 13:59 WIB
Berita Tinju: Tyson Fury Lepas Gelar WBO dan WBA Miliknya Secara Sukarela

Tyson Fury berpose dengan deretan gelar-gelar tinju yang dimenanginya

Ligaolahraga – Berita Tinju: Tyson Fury akhirnya secara sukarela melepas gelar kelas berat WBO dan WBA miliknya agar dirinya bisa fokus sepenuhnya untuk menjalani perawatan medis dan memulihkan diri. Demikian yang disampaikan petinju 28 tahun asal Inggris itu.

“Saya merasa ini sesuatu yang adil dan benar untuk dilakukan dan demi kebaikan bagi olah raga tinju untuk menjaga gelar-gelar ini tetap aktif, sehingga penantang-penantang lain dapat memperebutkan gelar-gelar yang dengan bangganya saya menangkan dan sandang sebagai juara dunia tinju kelas berat tidak terkalahkan saat saya mengalahkan jawara Wladimir Klitscko,” katanya dalam pernyataan.

Lebih lanjut, Fury berkata, “Saya memenangi gelar-gelar di atas ring dan saya percaya bahwa gelar-gelar itu haruslah lepas di atas ring. Namun saya tak bisa mempertahankannya saat ini, dan saya mengambil keputusan yang berat dan emosional untuk kini secara resmi melepas gelar-gelar juara yang saya sangat hargai ini.”

Selanjutnya, Fury pun memberi doa terbaiknya kepada semua penantang baru untuk memperebutkan gelar-gelar yang dilepasnya, seraya secara tak langsung meminta doa untuknya. “Kini saya akan memasuki tantangan besar berikutnya dalam hidup saya, yang saya tahu – seperti halnya saat menghadapi Klitschko –akan saya taklukkan.”

Baru-baru ini Fury mundur dari pertarungan ulangnya dengan Klitschko untuk kedua kalinya setelah dinyatakan “tidak sehat secara medis”. Petinju yang tak terkalahkan itu dilaporkan gagal dalam tes narkoba di AS. Bahkan dia semakin menciptakan kontroversi saat mengaku kepada majalah Rolling Stone dirinya mengonsumsi “begitu banyak kokain” untuk mengatasi depresinya

British Boxing Board of Control dijadwalkan memutuskan pencopotan tidaknya lisensi tinju Fury pada Kamis (13/10) atau Jumat (3/10) WIB, yang berimbas pada dicopotnya semua gelar Fury. Tapi, Fury mengalahkan mereka lebih dulu dengan melepas gelar-gelarnya secara sukarela.

Promotor Fury, Mick Hennessy menambahkan, “Tyson masih menjadi juara dunia kelas berat linear dalam mata semua orang. Dia menaklukkan juara terdominan di era tinju modern pada malam yang menakjubkan di Jerman untuk mendapatkan penghargaan itu dan itu tidak akan pernah berubah.”

Sementara paman dan pelatih Fury, Peter, mengatakan, “Tyson akan kembali lebih kuat daripada sebelumnya dan saya akan pastikan, tidak peduli apa yang nantinya kami akan hadapi, Tyson tidak hanya akan kembali tapi juga merebut kembali apa yang menjadi haknya. Saya amat bangga dengan prestasi keponakan saya.”

Setelah Fury melepas gelar-gelarnya, pertarungan antara Klitschko dan Anthony Joshua untuk memperebutkan gelar-gelar itu akan diumumkan dalam waktu dekat. Negosiasi antara Klitschko dan Joshua sedang berjalan. Promotor Eddie Hearn berharap duel itu digelar pada Desember mendatang.

Artikel Tag: Tyson Fury, Wladimir Klitschko, Anthony Joshua, WBA, WBO, Tinju

1857  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini