Wimbledon Siap Larang Daniil Medvedev Berkompetisi Untuk Alasan Ini

Penulis: Dian Megane
Selasa 05 Apr 2022, 16:44 WIB
Untuk alasan tertentu, Wimbledon siap larang Daniil Medvedev untuk berpartisipasi

Wimbledon diharapkan segera mengkonfirmasi kebijakan mereka sebelum Grand Slam tersebut digelar

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: All England Club (AELTC) bisa melarang Daniil Medvedev beserta petenis berkebangsaan Rusia dan petenis berkebangsaan Belarusia lain untuk berkompetisi di Wimbledon.

Hal tersebut mencuat akibat kekhawatiran bahwa citra kemenangan dari para petenis tersebut bisa mempromosikan rezim presiden Rusia, Vladimir Putin.

Akibat invasi Rusia terhadap Ukraina sejak akhir Februari lalu, para petenis dari Rusia maupun Belarusia tidak bisa berkompetisi di bawah bendera negara mereka dan badan olahraga tenis seperti ATP, WTA, dan ITF telah memerintahkan mereka untuk berkompetisi sebagai individual.

Namun, menteri olahraga Inggris, Nigel Huddleston memperingatkan bahwa para petenis dari kedua negara bisa diminta untuk mengecam Putin jika mereka ingin berkompetisi di Grand Slam yang digelar di London dan bahkan menyarankan bahwa mereka perlu menandatangani pernyataan tertulis terkait hal tersebut.

“Jika orang-orang mengatakan bahwa mereka atlet yang netral, kami ingin memastikan bahwa mereka benar-benar netral dan tidak ada hubungan dengan Putin,” ungkap Huddleston.

“Jika beberapa olahraga individu atau organisasi olahraga memilih untuk melakukan larangan langsung terhadap atlet Rusia atau Belarusia, maka kami akan mendukungnya juga.”

Dan Wimbledon bisa menempuh rute tersebut setelah The Telegraph memberitakan bahwa pelarangan petenis tidak akan menjadi kendala bagi AELTC karena kekhawatiran bahwa kemenangan bagi Medvedev atau petenis lain bisa memberikan dukungan kepada Putin.

“Anggota klub memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih siapa yang boleh masuk atau tidak, sehingga mereka tidak akan tunduk pada undang-undang diskriminasi yang sama seperti turnamen,” ungkap salah satu sumber AELTC kepada The Telegraph.

“Jika anda menjalankan turnamen tenis utama, anda memiliki kebebasan untuk melarang para petenis – jika mereka terbukti bersalah melakukan pengaturan pertandingan atau doping, misalnya – tetapi anda harus dapat menunjukkan bahwa tindakan tersebut masuk akal.”

“Terkait hal tersebut, jika turnamen mengambil tindakan tegas, para petenis Rusia bisa beragumen bahwa mereka dicegah untuk mencari nafkah bukan karena kesalahan mereka sendiri. Tetapi, hal itu bukan menjadi masalah besar bagi Wimbledon.”

Batas waktu pendaftaran Wimbledon adalah pertengahan Mei mendatang dan AELTC sebagai penyelenggara Grand Slam tersebut diharapkan untuk mengkonfirmasi kebijakan mereka dalam beberapa pekan ke depan agar memberi waktu kepada para petenis yang terkena dampak untuk merespon kebijakan tersebut.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Daniil Medvedev

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/wimbledon-siap-larang-daniil-medvedev-berkompetisi-untuk-alasan-ini
712  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini