Usai Torehkan Sejarah Di French Open, Barbora Krejcikova Kenang Mentornya

Penulis: Dian Megane
Kamis 10 Jun 2021, 20:20 WIB
Barbora Krejcikova terpaut satu kemenangan lagi dengan final Grand Slam nomor tunggal pertama dalam kariernya di French Open 2021

Barbora Krejcikova ketika beraksi di French Open 2021

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Ceko, Barbora Krejcikova menyatakan bahwa Jana Novotna selalu berada dalam benaknya sebagai tribut terhadap mantan pelatihnya usai melaju ke semifinal French Open musim 2021.

Petenis peringkat 33 dunia menahan rasa tegang untuk mengalahkan Cori Gauff dengan dua set langsung. Petenis berusia 25 tahun belum pernah memenangkan pertandingan di Grand Slam nomor tunggal sampai musim lalu. Kini ia mengantongi 10 kemenangan secara beruntun setelah menjadi juara di Strasbourg International bulan lalu.

Menyadari gebrakannya di French Open musim ini, petenis berkebangsaan Ceko memberikan tribut kepada Novotna yang pernah membimbingnya di dunia tenis sebelum ia meninggal dunia. Novotna paling diingat ketika memenangkan Wimbledon musim 1998 dan menghuni peringkat 2 dunia. Ia meninggal dunia pada tahun 2017 ketika usianya baru menginjak 49 tahun setelah bertarung dengan kanker.

“Saya selalu memikirkan tentangnya. Setiap kali saya memasuki lapangan, saya keluar lapangan, saya selalu memikirkannya,” aku Krejcikova.

“Saya selalu bertanya-tanya apa yang akan ia katakan setelah perjalanan memukau seperti itu, memenangkan semua pertandingan itu, dan semuanya.”

“Saya benar-benar sedih bahwa saya tidak bisa mendengarnya dan ia tidak bisa mengatakan apapun. Saya merasa ia selalu tahu bahwa saya bisa bermain dengan level setinggi itu bahwa saya bisa melakoni pertandingan seperti itu. Tetapi saya merasa sedih bahwa hal itu belum terjadi lebih awal agar ia bisa melihatnya.”

Petenis peringkat 33 dunia pertama kali berjumpa Novotna di rumahnya ketika ia masih petenis junior yang mencari saran terkait transisi menjadi petenis profesional. Ia membaca sebuah artikel bahwa mantan juara Grand Slam tinggal dekat dengan desanya. Ide awalnya adalah hanya mendapatkan beberapa saran sebelum akhirnya menjalin kerja sama sampai musim 2016. Pada musim tersebut, kesehatan Novotna mulai semakin merosot.

Ditanya tentang apa yang akan Novotna katakan saat ini jika ia masih hidup, petenis berusia 25 tahun yakin bahwa ia akan merasa sangat bangga.

“Saya pikir ia hanya akan mengatakan bahwa ia merasa sangat bangga. Itu hal yang saya pikir akan ia lakukan. Ia hanya akan mengatakan kepada saya untuk menikmatinya, terus melangkah. Tidak masalah jika anda menang atau kalah, anda hanya harus melakukan ha terbaik di setiap langkah anda di lapangan, hanya fokus dengan tenis, fokus dengan bermain tenis,” papar Krejcikova.

“Ia akan merasa sangat senang, meloncat kegirangan. Begitu saya mengingatnya. Itu hal yang ia lakukan ketika saya melakoni dan memenangkan ajang ITF. Saya rasa mungkin perayaan itu akan lebih besar saat ini.”

Artikel Tag: Tenis, French Open, Barbora Krejcikova

1058  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini