Usai Kandas Di Halle, Roger Federer Akui Hal Ini Sebagai Tantangan Besar

Penulis: Dian Megane
Kamis 17 Jun 2021, 16:03 WIB
Langkah Roger Federer di Halle musim 2021 terhenti di babak kedua

Roger Federer ketika beraksi di babak kedua Halle Open 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Roger Federer gagal melenggang ke perempatfinal Halle Open (Noventi Open) untuk kali pertama dari 18 kunjungannya ke turnamen ATP level 500 tersebut.

Petenis berusia 39 tahun harus kalah tiga set dari petenis muda Kanada, Felix Auger Aliassime di babak kedua Halle Open musim 2021. Setelah itu, petenis yang musim ini baru mencatatkan 5-3 mengakui bahwa kembali beraksi setelah menjalani dua operasi lutut yang ia jalani musim lalu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Itu tantangan besar bagi saya. Semua orang yang telah menjalani operasi lebih dari satu kali atau operasi besar, memahami dengan baik apa yang saya bicarakan,” ungkap Federer.

“Banyak hal tidak muncul dengan mudah. Anda menebak-nebak diri anda sendiri bahwa anda tidak beruntung dan terkadang itu adalah kekhawatiran terbesar, kekhawatiran akan rasa sakit atau bagaimana perasaan anda tentang hari berikutnya atau ketika anda bangun tidur, langkah pertama, bagaimana perasaan mereka? Semua hal itu, kadang-kadang membebani anda.”

Mantan petenis peringkat 1 dunia berjuang keras di set pertama yang ketat melawan petenis berusia 20 tahun, Auger Aliassime dan tampak meyakinkan untuk merebut keunggulan. Tetapi petenis yang telah sepuluh kali menjuarai Halle Open malah melakukan serangkaian kesalahan yang menguntungkan Auger Aliassime dan memperlihatkan rasa frustasi yang biasanya tidak terjadi di set ketiga.

“Tentu saya tahu Felix adalah petenis yang hebat dan ia kali ini tampil lebih baik. Saya mungkin pada akhirnya akan kalah. Tetapi itu lapangan yang cukup sulit untuk anda mainkan, jadi, hal itu membuat saya merasa benar-benar senang untuk mengenang kembali bagaimana bersyukurnya saya tentang seberapa baik saya bermain di sini, di Halle dan seberapa sulit untuk menang di sini,” lanjut Federer.

“Set ketiga kali ini tidak bisa saya terima. Dua set pertama baik-baik saja, tidak ada masalah. Tetapi saya rasa itu yang terjadi.”

Petenis yang telah mengantongi 103 gelar menyatakan bahwa secara keseluruhan, ia merasa sangat baik selama satu musim terakhir setelah ia menjalani rehabilitasi dan berusaha untuk mendapatkan kembali performa terbaik.

“Saya tidak masalah dengan semua proses rehabilitasi dan semua yang berkaitan. Itu telah menjadi salah satu hal yang saya nikmati, sesuatu yang berbeda. Saya bisa tinggal di rumah bersama keluarga saya dan dari sudut pandang itu, proses itu cukup baik,” tutur Federer yang melakoni turnamen keempat sejak Australian Open musim 2020.

“Tetapi kemudian begitu anda kembali ke lapangan, anda sangat menginginkannya seperti sebelumnya, lalu anda merasa kecewa dengan performa, pukulan-pukulan, atau perasaan negatif yang menyelimuti anda. Anda jadi berpikir, itu terlalu buruk, mengapa hal itu terjadi, dan anda hanya berusaha untuk mengetahuinya.”

Petenis peringkat 8 dunia merasa paling kecewa dengan sikap yang ia rasa berkontribusi dengan bagaimana set ketiga berjalan. Tetapi setelah menilai hal yang terjadi di pertandingan tersebut, petenis berusia 39 tahun merasa yakin bahwa ia bisa melangkah maju, memperbaiki permainan, dan mengalihkan perhatiannya terhadap Wimbledon.

“Saya menyadari bahwa kali ini bukan hari saya. Tidak ada satu pun yang bisa saya lakukan. Saya mulai berpikir dengan negatif dan itu bukan hal yang biasanya terjadi,” tukas Federer.

“Saya pikir itu bukan hal yang bisa membuat saya merasa senang atau bangga, tetapi di waktu yang sama, jika saya merefleksi ke-1.500 pertandingan yang telah saya lakoni, hal tersebut bisa terjadi. Hal yang positif adalah saya tahu hal itu tidak akan terjadi di masa yang akan datang.”

Artikel Tag: Tenis, Halle Open, Roger Federer, Felix Auger Aliassime

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/usai-kandas-di-halle-roger-federer-akui-hal-ini-sebagai-tantangan-besar
876  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini