Terkait Suntikan Rafael Nadal, Ini Komentar Pimpinan Anti Doping

Penulis: Dian Megane
Sabtu 11 Jun 2022, 22:31 WIB
Ini komentar pimpinan WADA terkait suntikan Rafael Nadal

Rafael Nadal

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Pimpinan WADA, Olivier Niggli telah memastikan bahwa suntikan anestesi tidak dilarang sehingga Rafael Nadal tidak melanggar peraturan anti doping apapun.

Selama dua pekan, petenis berkebangsaan Spanyol menggunakan suntikan anestesi dan anti radang untuk sepenuhnya mematikan rasa sakit pada kaki yang disebabkan Mueller-Weiss Syndrome.

Setelah petenis berusia 36 tahun memenangkan gelar French Open ke-14 dalam kariernya, dua atlet sepeda berkebangsaan Perancis mempertanyakan suntikan anestesi yang digunakan bintang tenis Spanyol.

“Jika produk yang disuntikkan berada dalam daftar zat yang dilarang, hal itu berarti memiliki pengaruh terhadap performa, maka itu buruk untuk kesehatan, dan hal itu berbanding terbalik dengan etos dalam olahraga,” ungkap Niggli.

“Suntikan anestesi tidak dilarang. Itu bukan kekhilafan. Pertanyaan mencuat. Hal tersebut didiskusikan. Hal itu tidak ada dalam daftar zat yang dilarang karena hal itu tidak meningkatkan performa dan secara mendasar tidak buruk terhadap kesehatan.”

Mantan petenis peringkat 1 dunia memenangkan gelar French Open untuk kali pertama pada musim 2005, ketika ia masih petenis belia. 17 musim kemudian, ia memenangkan gelar Grand Slam tersebut untuk kali ke-14 dan hal tersebut dipertimbangkan sebagai salah satu pencapaian terbaik di dunia olahraga.

“Apakah itu praktik medis yang positif? Apakah diterima bagi atlet kenamaan untuk mendapatkan suntikan sebelum pertandingan? Hal itu diperdebatkan di antara para dokter dan perdebatan tentang etos kerja medis. Rafael Nadal telah memenangkan 14 gelar French Open,” tambah Niggli.

“Jika ia memenangkan 13 gelar lain tanpa suntikan, mungkin bukan karena suntikan ia memenangkan gelar ke-14.”

Setelah menorehkan sejarah, termasuk memenangkan gelar Grand Slam ke-22 dalam kariernya, mantan petenis peringkat 1 dunia kembali ke Spanyol di mana ia menjalani pengobatan untuk kakinya.

Ketika petenis berusia 36 tahun ditanya tentang Wimbledon, ia menyatakan bahwa ia tampaknya akan berkompetisi di Wimbledon.

Akan tetapi, apakah Nadal akan berkompetisi di Wimbledon atau tidak akan tergantung dari bagaimana kakinya merespon pengobatan tersebut dalam beberapa hari ke depan. Ia belum melakoni Wimbledon sejak musim 2019 ketika ia lolos ke semifinal sebelum kalah dari Roger Federer.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Rafael Nadal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/terkait-suntikan-rafael-nadal-ini-komentar-pimpinan-anti-doping
1710  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini